Masa Depan Laut Indonesia Ada di Tangan Nelayan Kecil


JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan ke salahsatu sentral perikanan nasional di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Erick menegaskan, masa depan laut Indonesia ada ditangan para nelayan kecil dan tradisional oleh karenanya ekosistem usahanya mulai dari ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), pembiayaan serta pemasarannya harus diperkuat.

Sebab Erick meyakini persoalan nelayan tidak hanya menyangkut persoalan ekonomi, melainkan pula kedaulatan pangan. Dengan begitu Erick menegaskan komitmen pemerintah untuk mendukung terciptanya ekosistem usaha nelayan yang maju.

“Saya yakin masa depan pangan kita ada di laut. Ada di tangan bapak dan ibu nelayan kecil dan tradisional Indonesia. Karenanya, ekosistem usaha nelayan harus terus disehatkan. Mulai dari akses terhadap BBM, pembiayaan hingga pemasaran.” ujar Erick dikutip dari akun Instagramnya, Senin (16/5).

Dalam kunjungannya Erick menemukan fakta bahwa konsumsi BBM dalam setiap kegiatan usaha yang dijalankan nelayan lebih dari 50 persen, maka Ia mendorong layanan BBM tersedia di setiap sentral perikanan nasional.

“Saya telah mendengar bahwa 60-70 persen dari biaya melaut nelayan adalah untuk membeli BBM. Maka, sewajarnya di tiap-tiap kantung nelayan ada layanan BBM.” ucapnya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »