Pentingnya Memahami Empat Pilar Kebangsaan di Tengah Keberagaman Penduduk Indonesia



TRIBUNJABAR ID, BANDUNG – Empat pilar kebangsaan merupakan sebuah tatanan yang dipandang sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki heterogenitas penduduk.

Gagasan pilar negara kebangsaan Indonesia muncul untuk menjaga Indonesia agar tetap satu-kesatuan berlandaskan Pancasila.

Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat Tobias Ginanjar Sayidina menggatakan, empat pilar kebangsaan ini menguraikan pentingnya menjaga NKRI dengan mengamalkan Pancasila agar bangsa ini tidak terperosok dalam keterpecah-belahan sebagaimana yang terjadi di sejumlah negara kesatuan seperti Uni Soviet dan Yugoslavia.

“Karena itu sangat penting sekali memahami dan mengamalkan nilai-nikai yang ada dalam empat pilar ini,” ujar Tobi.

Empat pilar kebangsaan ini terdiri atas Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhinneka Tunggal Ika.

Keempat pilar ini, kata Tobias, masing-masing memiliki penjabaran yang saling erat berkaitan satu sama lain yang akan mampu menaungi persatuan dan kesatuan di dalam diri bangsa Indonesia.

Karena itu, ia pun mengaku merasa sangat penting melakukan sosialisasi empat pilar ke berbagai daerah, khususnya ke daerah pemilihan tempat ia di pilih sebagai anggota dewan.

“Sosialisasi empat pilar merupakan sebuah keniscayaan yang tak boleh diabaikan oleh setiap wakil rakyat, terutama kepada masyarakat luas, bukan hanya kepada para konstituen di daerah pemilihan saja,” katanya. 

Anggota DPRD Fraksi Gerindra ini juga menekankan, empat pilar merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. (kemal seria permana)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »