Tips Pemeriksaan Komponen Mobil Usai Mudik dari Suzuki 


SETELAH mudik di kampung halaman maupun liburan lebaran, pemilik kendaraan disarankan melakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan. Pemeriksaan mobil usai perjalanan jauh tentu akan berbeda dengan yang digunakan sehari-hari. 

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil tetap optimal digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Pemeriksaan dapat dilakukan secara mandiri atau datang ke bengkel-bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Menurut Sparepart Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Christiana Yuwantie, khusus kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. Bagian suku cadang yang perlu diperiksa diantaranya adalah:

Filter Oli dan Oli Mesin

Pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin. Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000  km pertama, dan melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 km. 

Busi

Busi memiliki peran penting sehingga pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan kondisinya. Penggantian busi dianjurkan setiap 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Filter Udara

Pemilik kendaraan juga harus memeriksa filter udara dan menggantinya bila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari.  Lakukan pembersihan filter udara setiap 10.000 km. Penggantian filter udara dapat dilakukan setiap 40.000 km.

Kampas Rem

Usai menempuh perjalanan jauh yang disertai kemacetan maupun kecepatan tinggi dalam waktu lama, atau melakukan braking dengan frekuensi lebih sering, pemeriksaan kampas rem menjadi suatu keharusan. Penggantian kampas rem umumnya dilakukan pada 50.000 sampai 105.000 kilometer atau periode pemakaian sekitar selama 3 tahun. 

Ban

Perjalanan jauh disertai muatan penuh membuat kerja ban lebih berat. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Sesuaikan kondisi tekanan angin ban. Segera ganti ban apabila kondisinya sudah aus. Selain itu, ada baiknya memeriksa keselarasan roda (spooring) dan balancing.

Aki

Pemilik mobil dianjurkan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian aki secara rutin setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Jangan tunggu sampai aki habis dan mobil mogok. 

Karet Wiper

Setelah melakukan perjalanan jauh, mobil mungkin saja sering terkena hujan dan terik matahari. Untuk itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian karet wiper setiap 2 tahun sekali.

“Mengganti suku cadang resmi yang dirancang khusus untuk kendaraan Suzuki merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan pemilik kendaraan agar umur pakai kendaraan lama, kinerja mesin baik, dan terhindar dari potensi kerusakan di tengah jalan. Selain pembelian langsung di bengkel resmi Suzuki, konsumen juga dapat membeli suku cadang secara daring di aplikasi MySuzuki,” tutup Christiana Yuwantie, Kamis (12/5). (S-4)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »