Belum ‘Move on’ dari Suasana Liburan? Mungkin Anda Terkena Post Holiday Blues


Pasca liburan berarti kembali ke kehidupan seperti biasa. Bagi sebagian orang, ini sangat melegakan. Namun, bagi yang lainnya ini bisa menimbulkan perasaan depresi dan mengganggu mental.

Melansir dari situs kesehatan, psycom.net, National Alliance on Mental Illness menyebut 64% orang melaporkan terkena depresi liburan dan paling sering dipicu oleh stres finansial, emosional, dan fisik. Bagi yang lain, setelah menikmati waktu liburan yang menyenangkan dan kembali melakukan pekerjaan yang tak terhindarkan dapat menyebabkan kesedihan pasca-liburan juga. Hal semacam ini dikenal dengan post holiday blues.

Lalu apa itu post holiday blues?

Ini juga dikenal sebagai sindrom pasca-liburan, stres, atau depresi yang dapat dialami setelah periode emosi dan stres yang intens.  Post holiday blues memiliki banyak gejala karakteristik yang sama dari kecemasan atau gangguan mood seperti insomnia, energi rendah, lekas marah, kesulitan berkonsentrasi, dan kecemasan.  Namun, tidak seperti depresi klinis, penderita yang mengalami situasi ini hanya dalam jangka pendek.  

 Penyebab Post-Holiday Blues

Ada penelitian yang relatif sedikit tentang masalah ini, tetapi konsensus di antara para ahli adalah bahwa penurunan adrenalin adalah penyebab utama.  Psikolog klinis yang berbasis di Princeton, NJ, Dr. Eileen Kennedy-Moore menyebut bahwa penghentian hormon stres secara tiba-tiba setelah peristiwa besar, baik itu pernikahan, tenggat waktu penting, atau liburan, dapat berdampak besar pada kesehatan biologis dan psikologis kita.

.Lalu seperti apa faktor pemicu post holiday blues?

1. Kinerja Otak

Menurut Dr. Melissa Weinberg, seorang konsultan penelitian dan psikolog yang berspesialisasi dalam psikologi kesejahteraan dan kinerja, itu adalah tanda fungsi psikologis yang sehat.  “Itu hanya salah satu dari serangkaian ilusi yang dibodohi oleh otak kita sehingga kita percaya, dengan cara yang sama kita berpikir bahwa hal-hal buruk lebih mungkin terjadi pada orang lain daripada pada kita.  Ironisnya, kemampuan untuk membodohi diri sendiri setiap hari merupakan indikasi fungsi mental dan psikologis yang baik,” jelas Weinberg dalam The New Daily.

 “Jadi, apakah kita menikmati liburan kita, dan apakah kita lebih suka berlibur daripada kembali bekerja, otak kita terhubung untuk membuat kita percaya bahwa kita melakukannya, atau bahwa kita akan melakukannya.  Dengan melakukan itu, kita membayar biaya emosional untuk istirahat yang dinikmati dengan baik, dan kita mengalami penurunan menuju dasar kesejahteraan kita,” lanjutnya.

2. Lelah Secara Emosional

Beratnya menavigasi situasi dan hubungan yang sulit dan menjaga ketenangan Anda selama liburan adalah faktor lain yang mungkin dalam depresi pasca-liburan.

Menurut psikiater dan penulis “Thriving as an Empath,” Dr. Judith Orloff, memasang muka palsu dan berpura-pura bahagia bisa sangat menguras tenaga.”  Gagasan ini dibagikan oleh psikoterapis Dr. Richard O’Connor, yang memiliki teori bahwa kita “mempersenjatai” diri kita sendiri selama masa liburan sebagai mekanisme koping untuk menghadapi stres dan emosi serta situasi yang sulit.

Lalu berapa Lama Depresi Pasca-Liburan Berlangsung? Ini akan berbeda untuk semua orang.  Tetapi jika setelah beberapa saat Anda masih tidak menantikan acara mendatang, atau Anda terus mengingat liburan dengan kesedihan daripada kesenangan, inilah saatnya untuk berbicara dengan profesional kesehatan mental.

 Menurut Aliansi Nasional untuk Penyakit Mental (NAMI), sekitar 24% orang dengan penyakit mental yang didiagnosis mendapati bahwa liburan membuat kondisi mereka “jauh” lebih buruk dan 40% “agak” lebih buruk”.

 Cara Mengatasi post holiday blues

1. Gaya hidup

Gaya hidup yang baik dapat mengurangi post holiday blues, misalnya tidur berkualitas, olahraga teratur, dan diet padat nutrisi. Dasar gaya hidup sehat ini direkomendasikan oleh para ahli untuk meningkatkan mood dan mengelola gejala depresi.

2. Jadwalkan waktu untuk bersenang-senang.

Interaksi sosial adalah komponen penting dari peningkatan kesejahteraan.  Setelah liburan mereda, kalender kosong mungkin terasa sedikit menyedihkan.  Mengisi agenda Anda dengan aktivitas yang Anda sukai akan memberi Anda sesuatu yang dinanti-nantikan dan membantu menjaga efek kontras.  Sangat mudah untuk menarik diri saat Anda merasa sedih.  Menjangkau dan bertemu langsung dengan teman dan orang lain yang Anda sayangi bahkan ketika Anda tidak menyukainya juga dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan.

3. Bersabarlah dan bersikap santai pada diri sendiri.

Post holiday blues tidak akan bertahan selamanya. Jadi jangan menyalahkan diri sendiri karena merasakan apa yang Anda rasakan. Luangkan waktu yang Anda butuhkan untuk menemukan pijakan.  Jika gejalanya menetap, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan spesialis. (M-4)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »