Selama One Way Arus Mudik dan Baiik, Melintas 5-9 Ribu Mobil per Jam



Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan contraflow dalam arus balik mudik lebaran 2022. Diskresi kepolisian tersebut mulai berlaku penuh mulai pukul 02.30 WIB, Senin (9/5) dini hari ini.

Sebelum ditutup, one way diberlakukan mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang s.d Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Tidak hanya one way, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga juga telah menutup contraflow Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang sebelumnya diberlakukan di KM 72 sampai dengan KM 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Dalam siaran pers resminya PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginformasikan sepanjang pemberlakuan one way dan contraflow pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri, pihaknya mencatat jumlah kendaraan/jam tertinggi di gerbang tol utama dari Semarang menuju arah Jabotabek.

Kepadatan kendaraan yang dicatat Jasa Marga adalah di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 5.068 kendaraan/jam, sementara di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 9.090 kendaraan/jam.

“Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan one way di arah sebaliknya,” demikian pernyataan perusahaan pelat merah tersebut.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rekayasa lalu lintas selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran memangkas separuh waktu perjalanan.

Budi menyebutkan waktu tempuh perjalanan dari Semarang, Jawa Tengah ke Jakarta saat ini tak lebih dari enam jam. Sedangkan waktu tempuh normal bisa mencapai lebih dari 11 jam.

“Dari data yang kami peroleh apabila tidak dilakukan rekayasa, maka perjalanan dari Semarang menuju Jakarta itu adalah 11 jam 37 menit,” kata Budi di KM 70 Gerbang Tol (GT) Jakarta Cikampek, Minggu (8/5).

Budi menjelaskan sebelum, saat, dan sesudah masa libur Lebaran ini, pemerintah telah memberlakukan empat rekayasa lalu lintas untuk mencegah kepadatan kendaraan.

Empat rekayasa lalu lintas itu adalah one way, contraflow, ganjil-genap, dan membatasi kendaraan besar atau sumbu tiga.

(kid)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »