Arus Balik Lebaran, One Way Dibatasi Sampai GT Cikampek Utama



Jakarta, CNN Indonesia

Polisi bersama Jasa Marga kembali melakukan rekayasa lalu lintas dengan menarik batas one way atau jalur satu arah untuk kendaraan dari arah timur atau Jawa menuju Jakarta pada Minggu (8/5) sore.

Dikutip dari akun Twitter resmi Jasa Marga, per pukul 16.00 WIB penerapan one way dari arah Jawa menuju Jakarta kini dibatasi sampai Km 70 atau persis di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Semula one way arus balik dari arah Jawa dibatasi sampai Km 66 dekat GT Kalihurip.

“15.45 WIB #Tol_Japek Cikampek Utama Km 70 – Cikarang Barat Km 28+500 diberlakukan contraflow di lajur kanan (khusus kendaraan dari jalur one way), agar tertib di antrean,” demikian dikutip dari akun Twitter Jasa Marga.

Selanjutnya, rekayasa arus lalu lintas ke arah Jakarta mulai Km 70 hingga Km 28 Bekasi diberlakukan contraflow atau pelebaran jalur. Sisanya mulai Km 28 sampai Km 0 Jakarta arus lalu lintas berjalan normal.

Sebaliknya kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek, tetap bisa melalui tol Jakarta-Cikampek melalui dua lajur paling kiri.

Jasa Marga juga melakukan buka tutup secara situasional di dua tempat istirahat atau rest area tol Japek yang mengarah ke Jakarta, yaitu rest area di Km 62 Dawuan dan 52 Karawang Timur.

“15.45 WIB #Tol_Japek tempat istirahat Dawuan KM 62 dan Karawang Timur KM 52 arah Jakarta diberlakukan buka/tutup secara situasional”.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 16.00 WIB di GT Cikampek Utama Km 70, arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Antrean kendaraan yang hendak melewati GT Cikampek Utama masih dalam tahap normal tak lebih dari 500 meter.

Sedangkan kendaraan yang telah melewati pintu tol dapat melaju dengan kecepatan di atas 60 kilometer per jam.

Polisi sebenarnya berencana memperpanjang one way hingga Km 47, namun kebijakan itu ditunda dengan alasan arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah dan Jawa Barat dinilai sudah melandai.

“Jadi bagi yang mau ke Bandung bisa lewat Tol,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »