Saat Minggu Emas Tiongkok Dimulai, Kebijakan ‘tiaoxiu’ Redupkan Semangat Liburan Bagi Sebagian Orang


Turis mengunjungi bagian Badaling dari Tembok Besar pada hari libur Hari Nasional di Beijing, Tiongkok pada 1 Oktober 2023. (Foto: Reuters/Florence)

Praktik lama Tiongkok dalam menyesuaikan hari kerja untuk memberikan libur panjang muncul setelah krisis keuangan Asia tahun 1997. Analis menyarankan kebijakan tersebut harus ditinjau ulang di tengah lanskap yang sangat berbeda.

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: : “Siswa Kelas 1 paling merasakannya. Setelah setiap hari libur Hari Nasional, Anda akan menemukan banyak anak merengek dan menangis,” kata guru bahasa Mandarin Ou Yang Hui Er, yang mengajar di Sekolah Dasar Liwan Overseas Chinese di Guangzhou, Tiongkok.

Dilansir dari channelnewsasia.com, meskipun kesedihan pasca-liburan bukanlah hal yang jarang terjadi, hal itu sering kali terasa lebih parah di Tiongkok di bawah praktik lama negara itu yang disebut “tiaoxiu” atau istirahat yang disesuaikan, di mana hari kerja dan sekolah disesuaikan untuk mendapatkan waktu yang lebih lama tanpa gangguan

Berdasarkan kebijakan ini, pekerja dan siswa masing-masing menghadapi hari kerja dan sekolah pengganti setelah libur Hari Nasional “Minggu Emas” selama seminggu yang dimulai pada Selasa (1 Oktober). Mereka juga harus mencatat hari tersebut pada akhir pekan tepat sebelum libur.

“Itu bukan hal yang aneh  melihat banyak anak jatuh sakit setelah liburan,” kata Ibu Ou Yang kepada CNA. Meskipun pengalaman mengajarnya selama lebih dari 20 tahun berarti dia siap menghadapi peningkatan yang biasa terjadi, wanita berusia 47 tahun itu merasa situasinya dapat diperbaiki.

“Yang dapat kita lakukan adalah memperlambat laju,” katanya. “Setiap orang butuh satu atau dua hari untuk pulih – tidak hanya secara fisik, tetapi juga untuk memulihkan semangat kita.”

Meskipun kritik terhadap tiaoxiu muncul dari waktu ke waktu, praktik tersebut telah mendapat sorotan khusus tahun ini karena penyesuaian untuk liburan Hari Nasional dan Festival Pertengahan Musim Gugur yang memengaruhi jadwal kerja selama lima minggu berturut-turut.

Beberapa analis Tiongkok bahkan mengkritik kebijakan tersebut secara terbuka, menambah banyaknya keluhan daring saat orang-orang melampiaskan rasa frustrasi mereka

Para pengamat mengatakan kepada CNA bahwa Tiongkok harus mempertimbangkan seberapa efektif tiaoxiu dalam merangsang konsumsi – sebuah dorongan yang telah meningkat pesat di tengah kesulitan ekonomi – versus reaksi keras, dan apakah seruan vokal tersebut secara akurat mencerminkan sentimen masyarakat umum.

Terlalu lelah untuk menghabiskan waktu. Jadi, apa sebenarnya tiaoxiu?

Sederhananya, ini adalah sistem yang digunakan di Tiongkok untuk menyesuaikan hari libur umum. Ketika hari libur umum jatuh di tengah minggu, hari kerja digeser untuk menciptakan waktu istirahat yang lebih panjang, biasanya dengan meminta karyawan bekerja di akhir pekan sebelum atau setelah periode liburan.

Kebijakan “tiaoxiu” Tiongkok untuk menyesuaikan hari kerja guna mendapatkan waktu libur panjang berdampak pada jadwal kerja lima minggu berturut-turut pada bulan September dan Oktober, yang memicu keluhan daring tentang minggu kerja yang diperpanjang dan jam tubuh yang terganggu.…lihat selengkapnya

Misalnya, Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini jatuh pada tanggal 17 September. Tanpa tiaoxiu, orang-orang harus bekerja pada tanggal 16 September, antara akhir pekan dan hari libur yang sebenarnya. 

Namun dengan kebijakan tersebut, hari Sabtu (14 September) sebelum hari libur ditetapkan sebagai hari kerja dan tanggal 16 September menjadi hari istirahat, yang pada dasarnya menghasilkan tiga hari berturut-turut

Meskipun hal ini mengakibatkan waktu istirahat yang diperpanjang, hal ini juga berarti bahwa orang-orang harus bekerja  enam hari berturut-turut seminggu sebelumnya – menyebabkan beberapa orang menyuarakan keluhan mereka secara daring mengenai jadwal kerja yang lebih panjang.

Tiaoxiu diperkenalkan pada tahun 1999 sebagai langkah untuk meningkatkan konsumsi setelah krisis keuangan Asia. Awalnya menargetkan hari libur Hari Buruh dan Hari Nasional, tingkat penyesuaian sejak saat itu bervariasi untuk menargetkan lebih banyak hari libur dan menyempurnakan durasinya.

Meskipun memberi warga lebih banyak waktu tanpa gangguan untuk bepergian dan berbelanja, kebijakan tersebut juga disambut dengan ketidakpuasan. Keluhan umum termasuk tantangan untuk mengikuti perubahan, gangguan pada pola kerja, dan fakta bahwa beberapa hari kerja hanya dipindahkan alih-alih dipotong.

“Saya terlalu lelah untuk berbelanja. Saya akan menghabiskan Hari Nasional dengan berbaring di rumah,” ungkap seorang netizen Shanghai di platform media sosial Tiongkok Weibo.

“Saya tidak akan bepergian atau menghabiskan uang sepeser pun. Itu bentuk perlawanan saya,” sumpah pengguna lain dari Chongqing.

Tahun ini, Festival Pertengahan Musim Gugur dan hari libur Hari Nasional yang hampir bersamaan telah menyebabkan penyesuaian hari kerja selama lima minggu berturut-turut.

Frasa viral telah muncul yang merangkum kebingungan tersebut: “Bekerja enam hari, libur tiga hari; bekerja tiga hari, libur dua hari; bekerja lima hari, libur satu hari; bekerja dua hari, libur tujuh hari; dan bekerja lima hari, libur satu hari.”

Mengambil contoh hari libur Hari Nasional – tanpa tiaoxiu, waktu istirahat yang ditetapkan akan berlangsung selama tiga hari, dari 1 Oktober hingga 3 Oktober. Ini akan menghasilkan satu hari kerja pada hari Jumat (4 Oktober), antara periode liburan dan akhir pekan.

Dengan tiaoxiu, dua hari istirahat akhir pekan (29 September dan 12 Oktober) telah diubah menjadi hari kerja, dan “waktu istirahat” untuk hari-hari tersebut ditetapkan pada 4 Oktober dan 7 Oktober, yang secara efektif menciptakan rentang waktu liburan tujuh hari.

Law Sze Ching, yang bekerja di perusahaan sumber daya manusia Shenzhen yang berkantor pusat di Hong Kong, mengatakan bahwa periode ini sangat melelahkan.

“Rasanya saya bahkan tidak mendapatkan hari libur,” kata penduduk Hong Kong berusia 29 tahun itu, yang kini memasuki tahun kelima menjalani tiaoxiu. “Kami harus bekerja di akhir pekan.” Dan hari libur Hari Nasional tidak memberikan banyak waktu bagi Law.

“Saya akan menghabiskan waktu untuk berjejaring dengan klien – sesuatu yang tidak dapat saya lakukan selama hari kerja biasa,” jelasnya kepada CNA. Ketika ditanya tentang kelelahan, ia menambahkan: “Berjejaring bukanlah bagian dari pekerjaan saya, tetapi tanpanya, pekerjaan saya akan terganggu.”

Apa pun itu, Law tidak berencana untuk bepergian selama libur Hari Nasional. Selain berjejaring, ia lebih suka bepergian ke luar negeri selama waktu-waktu sepi, menggunakan kompensasi lembur untuk cuti, karena tujuan liburan domestik biasanya penuh sesak selama hari libur nasional.

Ia lebih suka jika karyawan diberi pilihan untuk mengambil hari libur nasional biasa dan menggunakan cuti secara fleksibel di antaranya.

Pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan sektor transportasi akan menangani sekitar 1,94 miliar perjalanan penumpang di seluruh negeri selama libur Hari Nasional, dengan rata-rata harian 277 juta perjalanan.

Orang-orang menunggu untuk naik kereta di stasiun kereta Shanghai Hongqiao menjelang libur Hari Nasional di Shanghai, Tiongkok pada 28 September 2023. (Foto: Reuters/Aly Song)

Menimbang keuntungan dan kerugian.

Analis Tiongkok juga telah membidik tiaoxiu. Ekonom independen Ma Guangyuan baru-baru ini mengkritik sistem tersebut, menyebutnya sebagai “gangguan sumber daya sosial”.

“Kali ini, ekstrem – lima penyesuaian dalam satu bulan. Melelahkan hanya untuk melacaknya, apalagi kembali ke rutinitas normal. Pengelompokan hari libur membuat orang, objek wisata, dan sistem transportasi kewalahan,” katanya dalam program NetEase Finance.

Ma juga menyoroti kesenjangan budaya, dengan mencatat bahwa dengan Festival Pertengahan Musim Gugur yang jatuh pada 17 September tahun ini, menjadikan tanggal tersebut sebagai hari terakhir periode liburan akan menghilangkan kesempatan orang untuk reuni karena mereka harus bekerja keesokan harinya.

“Terburu-buru kembali pada hari terakhir liburan mengalahkan tujuan reuni keluarga,” katanya, yang menyarankan bahwa menetapkan jeda pada 17 dan 18 September akan lebih masuk akal sehingga orang memiliki semacam hari cadangan untuk pulang.

Analis lain menyuarakan kekhawatiran ini dalam wawancara bulan April dengan portal berita lokal The Paper, dengan mencatat bahwa “cuti pengganti” tidak menambah hari libur, tetapi hanya menggesernya.

“Ini seperti merampok orang lain untuk membayar orang lain, memaksa orang untuk ‘membayar kembali’ hari kerja setelah hari libur. 

Fokusnya adalah pada peningkatan konsumsi, bukan pada pemberian waktu istirahat kepada orang lain,” kata Peng Han, kepala analis di TravelDaily China, platform berita yang mengkhususkan diri dalam pariwisata dan keuangan.

Jutaan pekerja Tiongkok bepergian setiap tahun selama Golden Week bulan Oktober. (Foto arsip: Reuters)

Namun, pengamat lain juga telah menunjukkan manfaat tiaoxiu.

Lee Kok How, dosen tambahan di Singapore Management University (SMU), menjelaskan bahwa kebijakan Tiongkok untuk menyesuaikan hari libur resmi membantu menyelaraskan hari libur berdasarkan kalender lunar, seperti Festival Musim Semi dan Festival Pertengahan Musim Gugur, dengan kalender Gregorian.

 “Tanpa penyesuaian hari istirahat, sering kali akan ada jeda satu hari kerja antara beberapa hari libur dan akhir pekan setiap tahun, yang menyebabkan ‘fragmentasi’ hari libur,” kata Lee kepada CNA, menekankan berkurangnya efisiensi yang akan ditimbulkannya.

Ia menyoroti bahwa kebijakan tersebut memengaruhi berbagai kelompok secara berbeda. Bagi pekerja migran, waktu istirahat yang diperpanjang memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk pulang kampung.

Bagi produsen, Lee mengatakan tiaoxiu meminimalkan siklus mulai-berhenti yang mahal. “Ini juga memungkinkan pekerja untuk kembali ke kampung halaman mereka tidak hanya selama Tahun Baru Imlek, yang berpotensi mengurangi pergantian,” tambahnya.

Lee mencatat bahwa pembagian hari libur yang diperpanjang menguntungkan lokasi yang kurang berkembang dan terpencil seperti Gansu, Harbin, Changbaishan, dan Urumqi. 

Dia menjelaskan bahwa kemacetan lalu lintas yang parah dan kesulitan dalam mendapatkan tiket kereta api dan tempat wisata sering kali menghalangi orang untuk bepergian ke tempat tujuan populer.

“Ini adalah efek redistribusi,” katanya, mengutip tempat wisata yang kurang dikenal seperti Lishui, sebuah kota di provinsi Zhejiang, yang semakin populer.

Orang-orang mengunjungi Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, provinsi Heilongjiang di utara Tiongkok pada 5 Januari 2024. (Foto: AFP/Pedro Pardo)

“Tidak semua pekerja juga mengkritik tiaoxiu. Karyawan Bank of China Liang Zhufeng mengatakan kepada CNA bahwa ia lebih menyukai pengaturan tersebut selama jumlah hari libur tidak dikurangi. 

“Jika jumlah hari libur tetap sama, saya lebih suka tiaoxiu karena memberi saya waktu istirahat lebih lama untuk  perjalanan.  Dengarkan enam hari berturut-turut tidak masalah jika saya mendapat tujuh hari libur berturut-turut untuk bepergian ke luar negeri,” kata pria berusia 28 tahun itu, yang akan bepergian ke Malaysia bersama istrinya selama libur Hari Nasional. 

Apa yang akan dikatakan undang-undang 

Diskusi tentang tiaoxiu – dan berapa biayanya – juga muncul setelah satu perusahaan mengumumkan akan menangani masalah ini sendiri.

Zhang Zibiao, yang dikenal sebagai Zhang Xuefeng, seorang tutor dan influencer yang berani dengan 30 juta pengikut, mengumumkan dalam sebuah video Douyin pada bulan April bahwa karyawan  perusahaannya, yang bernilai lebih dari US$100 juta, tidak harus mengikuti penyesuaian hari kerja yang biasa. 

Orang-orang berjalan menuju pintu masuk jalur kereta bawah tanah saat Pekerja pulang setelah jam kantor di Beijing pada 8 Agustus 2024. (Foto: AP/Ng  Han Guan) 

Mereka malah akan menerima lima hari libur tambahan di atas hari libur nasional untuk menggantikan shift akhir pekan. Langkah itu menimbulkan kehebohan, dengan banyak netizen yang menyatakan minatnya untuk bergabung dengan perusahaannya.

Namun, analis mengatakan langkah-langkah seperti itu dianggap bukan norma bagi perusahaan Tiongkok, khususnya perusahaan milik negara.

 Pakar hukum yang diwawancarai CNA menunjukkan bahwa meskipun perusahaan dapat menawarkan kekejaman dalam pengaturan tiaoxiu, mereka harus melindungi hak-hak karyawan.

 Undang-undang ketenagakerjaan Tiongkok menetapkan batasan jam kerja dan menjamin waktu istirahat sambil mengizinkan masa liburan yang diperpanjang, kata Vicky Qin, seorang pengacara dari firma hukum Chung Ting Fai & Co yang berkantor pusat di Singapura yang mengkhususkan diri dalam masalah hukum Tiongkok.

“Pengusaha dapat menawarkan potongan tambahan, selama hari libur resmi dipertahankan.  Jika karyawan diharuskan bekerja pada hari libur resmi, mereka harus diberi kompensasi tidak kurang dari 300 persen dari upah reguler mereka,” jelasnya.

Sementara perusahaan milik negara umumnya mematuhi pedoman hari libur nasional, ada yang ditugaskan untuk departemen tertentu tergantung pada persyaratan kerja.

 “Kami mematuhi pedoman, tetapi tim keuangan dan perbendaharaan yang menangani laporan akhir bulan mungkin perlu bekerja selama hari libur nasional,” kata Zhen Rong, wakil manajer di departemen sumber daya manusia di China Chengtong, sebuah perusahaan logistik milik negara, kepada CNA.

“Karyawan  kompensasi tersebut diberi gaji tiga kali lipat, sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan nasional.”

Gambarannya berbeda untuk perusahaan ritel dan yang terkait dengan perjalanan.  Staf di sektor ini biasanya bekerja pada hari libur karena periode ini sering kali merupakan musim puncak.

Rantai restoran hotpot populer Haidilao adalah salah satu contohnya.  “Untuk mempertahankan layanan berkualitas tinggi selama Golden Week, kami membuat pengaturan staf di muka, merekrut lebih awal, dan mengoptimalkan tenaga kerja kami,” kata seorang perwakilan dari departemen sumber daya manusianya kepada CNA.

 “Karyawan yang bekerja selama hari libur menerima kompensasi dan tunjangan.  Setelah puncak, kami memberi mereka waktu istirahat untuk keseimbangan antara operasi dan istirahat.”

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »