FDP Halal : Peluang Brunei Darussalam Kembangkan Halal Tourism Sangat Besar


Wakil Presiden WBC Hajah Mordiah binti Haji Jackia ( kanan) dan Hilda Ansariah Sabri

BANDAR SERI BEGAWAN, bisniswisata.co.id: Bincang hangat Halal Tourism bersama Dewan Bisnis Wanita atau Woman Bussines Council (WBC) Brunei berlangsung Selasa sore, hadirkan Hilda Ansariah Sabri, Ketua Forum Dialog Pariwisata ( FDP) Halal dari Jakarta, Indonesia.

Acara yang berlangsung di Kompleks Delima Jaya, Simpang 62, Bandar Seri Begawan, dihadiri oleh para anggota WBC dan mendapat antusiasme yang besar untuk mengembangkan halal tourism.

Wakil Presiden WBC Hajah Mordiah binti Haji Jackia mengatakan asosiasi tersebut telah melaksanakan berbagai proyek untuk membantu para anggotanya menghasilkan pendapatan dan mengembangkan ekonomi negara sejak diresmikan pada tahun 2000.

“Pengembangan halal tourism nampaknya sangat prospektif di Brunei meski sektor pelancongan kurang mendapatkan respon masyarakat maupun pemerintah karena kami masih mengandalkan gas dan minyak,” kata Hajah Mordiah binti Haji Jackia.

Oleh karena itu kehadiran Hilda Ansariah Sabri sebagai Ketua FDP Halal dan pemerhati halal dapat memberikan wawasan pengetahuan pada anggota WBC tentang bagaimana Brunei dapat mengembangkan Halal Tourism.

Hilda menjelaskan bahwa Arab Saudi sudah menyiapkan industri pariwisata sebagai alternatif baru perekonomian negara selain mengandalkan minyak dengan mega proyek NEOM. 

“Brunei jangan terlena pada sumber daya alam gas dan minyak bumi karena kekayaan alam, mayoritas agama Islam serta dukungan Pemerintah Brunei yang telah  membentuk berbagai lembaga dan inisiatif untuk mendukung pertumbuhan industri halal bisa menjadi modal utama dalam mengembangkan halal tourism,” jelas Hilda.

Wakil Presiden WBC Hajah Mordiah binti Haji Jackia mengingatkan anggotanya bahwa WBC bisa membantu pemerintah untuk mewujudkan. “ Sayangnya masyarakat Brunei sendiri belum memahami apa efek berganda ( multiflier effect)  dari tourism sehingga para pemangku kepentingan harus memahami hal ini dulu,” 

Kerjasama lintas sektoral dan satu visi dalam Kebijakan Ekonomi Nasional Brunei dalam pengembangan Halal Industry termasuk Halal Tourism sangat dibutuhkan dan disosialisakan pada masyarakat.

“Kami di WBC juga memiliki koperasi sehingga mohon arahan bagaimana untuk membuat produk-produk wisata halal termasuk dalam pembinaan UMKM sehingga semua terlibat dalam pengembangan Halal Tourism,”

Peserta Bincang Hangat WBC dan FDP Halal

“ Halal Tourism adalah salah satu sektor dari Halal Industry yaitu keuangan syariah, food    ( makanan), farmasi, kosmetik, fashion, travel (perjalana) dan media/sektor rekreasi, yang seluruh produk/jasa intinya adalah dipengaruhi oleh konsumsi etis yang diilhami syariat agama Islam,”

Itu sebabnya, kata Hilda, Halal Tourism adalah pelayanan tambahan ( extended services), paket wisata halal yang dibuat memungkinkan peserta melaksanakan sholat yang menjadi kewajibannya dan mengkonsumsi makanan yang sudah bersertifikasi halal.

“ Mau makan di kedai, di restoran, di hotel bintang lima semua sudah bersertifikat halal dan bisa melaksanakan sholat dengan nyaman di destinasi wisata yang dikunjunginya.

Menurut Hilda, Indonesia memiliki ribuan desa wisata dan setiap tahun ada penghargaan 50 desa wisata unggulan. Desa wisata tersebut bisa membuat produk wisata halal Live In baik untuk anak sekolah, keluarga maupun wisatawan mancanegara.

“ Untuk wisata halal di Brunei bisa dibuat di Kampung Ayer di Bandar Seri Begawan dengan program Live in, karena akses mudah, atraksi bisa betupa budaya, kuliner, membuat barang kesenian, sedangkan amenitiesnya di buat homestay yang memungkinkan wisatawan memiliki pengalaman hidup di atas air,”

Pengalaman beribadah bersama masyarakat kampung Ayer di waktu sholat  subuh maupun magrib bisa menjadi kenangan tak terlupakan bagi wisatawan inbound dari negara-negara anggota Kerjasama Islam ( OKI). Baik Indonesia maupun Brunei adalah negara anggota OKI sehingga tinggal mengikuti HTS ( Halal Tourism Services)

HTS didefinisikan sebagai “semua produk atau layanan dalam industri perjalanan dan pariwisata yang dipandu oleh aturan Islam yang melayani atau menyediakan fasilitas yang sesuai bagi wisatawan Muslim. Pertumbuhan wisata halal dunia rata-rata 27 persen per tahun, jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan sektor wisata dunia yang hanya tumbuh 6,4 persen.

“ Mastercard CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) melihat pengeluaran penduduk Muslim untuk berwisata akan tumbuh US$300 miliar pada 2026,” kata Hilda.

Oleh karena itu, saatnya Brunei Darussalam mengembangkan Halal Tourism karena hala adalah brand dari Allah SWT. Kebanyakan negara Non Muslim menggunakan nama Friendly Muslim Tourism karena ingin mempromosikan pelayanan ramah muslim dimana pelayanannya belum tentu semuanya halal.

“ Jika mempromosikan wisata halal ( Halal Tourism) maka semua fasilitas dan pelayanannya sudah ada jaminan sertifikasi halal,” tutup Hilda pada pertemuan sore itu.

Ia mengatakan kolaborasi yang ditunjukkan oleh para anggotanya telah memungkinkan dewan tersebut untuk berekspansi secara lokal dan internasional, seraya menambahkan bahwa asosiasi tersebut menyambut baik partisipasi dari generasi muda untuk mengembangjan halal tourisn.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »