Perusahaan-perusahaan Vietnam Mengantisipasi Kebijakan Visa Bersama ASEAN


Sekelompok wisatawan internasional di Pagoda Lady Mu di Kota Kuno Hoian. Foto: Nguyen Anh

Inisiatif visa enam negara dapat membantu wisatawan internasional bepergian dengan mudah di seluruh kawasan ASEAN.

HANOI, bisniswisata.co.id: Para Pebisnis Vietnam mengharapkan langkah baru – yaitu zona visa bersama yang memungkinkan pengunjung asing memasuki keenam negara Asia Tenggara: Vietnam, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Myanmar dengan satu aplikasi visa.

Sebagaimana dianalisis oleh para ahli pariwisata, inisiatif visa enam negara Thailand merupakan peluang yang baik bagi industri pariwisata Vietnam untuk meningkatkan kedatangan internasional dan daya saing secara keseluruhan. Namun, ada kebutuhan untuk perbaikan diri dalam industri ini agar dapat memanfaatkan inisiatif ini.

Dari perspektif agen perjalanan yang mengkhususkan diri dalam pariwisata masuk, Direktur Jenderal Viet Media Travel Corp Pham Phuong Anh mengaitkan keberhasilan pariwisata Eropa dengan kebijakan visa Schengen, yang memungkinkan wisatawan untuk bergerak bebas di antara 27 negara. 

Demikian pula, kebijakan visa bersama yang diadopsi oleh enam negara ASEAN akan memberi sektor pariwisata Vietnam banyak peluang untuk menarik wisatawan internasional.

Dengan demikian, wisatawan asing dapat memasuki salah satu dari enam negara tersebut dengan visa yang dikeluarkan oleh salah satu dari mereka. 

Hal ini diharapkan dapat membantu membuat negara-negara tersebut lebih menarik bagi wisatawan dari pasar yang jauh seperti Eropa, Australia, atau AS. 

Selain itu, kebijakan ini akan memberikan tingkat kemudahan ekstra bagi mereka yang merencanakan perjalanan jauh yang melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara.

.Lentera-lentera di Kota Kuno Hoi An. Foto: Nguyen Anh

Phuong Anh mengatakan Vietnam kemungkinan akan menyambut banyak wisatawan “wilayah visa bersama” atau menjadi tujuan terakhir mereka dalam tur Asia Tenggara, berkat keunggulannya memiliki 10 bandara internasional dan jaringan penerbangan yang luas di seluruh negeri.

Mengenai perusahaan pariwisata, rencana harus dibuat untuk menyegarkan produk-produk terkini, mengembangkan tur-tur baru dengan rencana perjalanan yang sesuai, dan mencari kerja sama dalam mempromosikan spesialisasi pariwisata.

“Jika kebijakan ini disetujui, sektor pariwisata perlu segera mengadopsi kebijakan untuk memandu dan mendukung operator tur, restoran, dan hotel untuk memanfaatkan peluang ini,” sarannya.

Nguyen Minh Man, Direktur Pemasaran dan Komunikasi di TST Tourist, memperkirakan bahwa skema visa bersama akan menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi Vietnam untuk terhubung dengan kawasan dan negara-negara lain. 

Tren konektivitas ini berkembang pesat di seluruh dunia. Ini juga akan membantu Vietnam mengatasi kesulitan dalam menjangkau wisatawan internasional karena pembatasan dalam kebijakan visanya sendiri.

Sementara itu, Nguyen Tran Hoang Phuong, Penjabat Direktur Institut Penelitian Pariwisata Sosial, mengatakan bahwa Vietnam memiliki banyak keunggulan, seperti lokasinya di jantung kawasan dan statusnya sebagai salah satu “kantin pariwisata Asia”. 

Selain itu, Vietnam memiliki jaringan pelabuhan laut dan destinasi yang luas dengan beragam atraksi budaya dan alam yang memikat pengunjung asing. 

Selain itu, wisatawan dapat melakukan perjalanan melalui jalan darat, kereta api, atau air ke Vietnam atau dari Vietnam ke negara-negara tetangganya. Oleh karena itu, rezim visa bersama akan menjadi pendorong yang kuat bagi pengembangan pariwisata Vietnam.

Meningkatkan penerapan teknologi

Menurut Duong Duc Minh, Wakil Direktur Institut Penelitian Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kota Ho Chi Minh, kebijakan visa bersama, setelah diperkenalkan, akan meningkatkan daya saing kawasan sekaligus menciptakan wisata dan rute transnasional di Asia Tenggara. 

Hasilnya, Vietnam dan negara-negara lain dapat menyambut masuknya pengunjung baru dengan masa tinggal yang lebih lama dan pengeluaran yang lebih tinggi, sementara wisatawan akan menikmati mobilitas yang lancar.

Vietnam merupakan negara yang ramah bagi wisatawan mancanegara, tetapi produk pariwisata yang berkualitas tetap dibutuhkan untuk mempertahankan mereka. Foto: Amanda Clarke

Selain itu, kebijakan visa bersama juga akan meningkatkan kekompakan komunitas Asia Tenggara dalam hal kebijakan dan strategi, sehingga meningkatkan status regional di mata internasional.

Terakhir, kebijakan ini tidak hanya akan membantu meningkatkan konektivitas antardaerah di Vietnam, tetapi juga memungkinkan perusahaan multinasional untuk mengoperasikan tur dan rute dengan cara yang lebih efektif.

“Hal ini memerlukan sinkronisasi data pariwisata Vietnam dengan data dari lima negara lainnya,” kata Minh.

Sementara itu, perusahaan Vietnam harus terlebih dahulu merancang tur masuk dengan rencana perjalanan dari Vietnam ke negara-negara tetangga seperti Laos atau Kamboja. Oleh karena itu, inisiatif ini akan membantu menghilangkan hambatan dan memfasilitasi pengembangan tur lintas batas.

Pengunjung asing ke Menara Ponagar di kota pesisir tengah Nha Trang.  (Foto: David Nguyen).

Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2023, sekstet ASEAN menerima 70 juta kunjungan asing, jika perjanjian visa baru tercapai, industri pariwisata Vietnam akan memiliki “panen berlimpah” pengunjung masuk dari arus masuk tersebut.

Di sisi lain, Vietnam telah berupaya untuk memikat wisatawan dari berbagai tempat asal yang jauh seperti Eropa, Australia, atau AS, tetapi belum memanfaatkan banyaknya wisatawan dari pasar-pasar ini yang bepergian ke negara-negara tetangga di Asia. Itulah sebabnya inisiatif ini menjanjikan peluang untuk memanfaatkan basis wisatawan yang ada.

Kementerian Keamanan Publik Vietnam melaporkan bahwa jika Vietnam dan negara-negara lain menandatangani perjanjian atau kesepakatan internasional yang relevan tentang visa bersama, warga negara mereka seharusnya diizinkan untuk menggunakan kartu identitas alih-alih dokumen perjalanan saat ini seperti paspor di wilayah masing-masing.

Menurut Majelis Nasional Vietnam, negara-negara ASEAN berupaya untuk menyatukan dokumen. Oleh karena itu, mereka mengupayakan perjanjian pergerakan bebas intra-blok yang serupa dengan Komunitas Eropa.  

Hal ini berarti bahwa warga negara Vietnam akan dapat menggunakan kartu identitas untuk bepergian di dalam kawasan ASEAN jika kedua negara sepakat

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »