Platform Perjalanan Targetkan Wisatawan Muda Dengan Penawaran Autentik dan Personal


Sun: platform media sosial populer dan layanan streaming langsung menjangkau khalayak yang lebih luas dan beragam

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Platform perjalanan digital meningkatkan fokus mereka pada demografi milenial dan Gen Z dengan data yang menunjukkan permintaan yang kuat dan lonjakan pemesanan selama acara pemasaran media sosial khusus, kontribusi nilai barang dagangan mereka, dan dampak dari dukungan selebriti dan periode liburan.

Dilansir dari ttgasia, platform-platform ini berinvestasi untuk menarik kelompok muda yang paham teknologi dengan apa yang mereka sukai – pengalaman perencanaan perjalanan yang lancar, dapat disesuaikan, dan menghibur.

Trip.com Group meluncurkan streaming langsung pada tahun 2020, dan menurut kepala pemasaran Trip.com Group Bo Sun, streaming langsung menarik bagi demografi luas, termasuk generasi milenial yang paham teknologi dan wisatawan Gen Z yang mencari pengalaman interaktif dan menarik secara visual. isi.

“Dengan memanfaatkan platform media sosial populer dan layanan streaming langsung, kami dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan beragam,” tambahnya.

Pada kuartal pertama tahun 2024, siaran langsung Trip.com Group mendorong peningkatan nilai barang dagangan kotor (gross merchandise value/GMV) sebesar 55,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sesi streaming langsung baru-baru ini menampilkan destinasi perjalanan seperti Thailand dan Singapura untuk menampilkan atraksi unik dan produk perjalanan yang tersedia secara real-time.

Mengenai daya tarik acara tersebut, Sun menyatakan: “Selama siaran langsung kami, pembawa acara berbagi tips perjalanan yang berharga, merekomendasikan destinasi, dan memberikan diskon eksklusif untuk hotel, tiket tur, dan kupon waktu terbatas.”

Pada bulan Februari, Trip.com Group berkolaborasi dengan Otoritas Pariwisata Thailand dan mengadakan siaran langsung di Phuket untuk acara Mega Sale.

“Acara ini tidak hanya menyoroti beragam atraksi Thailand dengan jutaan penayangan, namun juga menghasilkan GMV yang signifikan sebesar lebih dari US$7 juta dan lebih dari 24.000 pesanan,” Sun berbagi.

Sebulan sebelumnya, di Singapura, siaran langsung menghasilkan volume yang tinggi – melebihi 5,41 juta pemesanan – dan acara Mega Sale di Bandara Changi Singapura menghasilkan total GMV produk perjalanan Singapura sebesar US$5,5 juta.

Sun menambahkan meskipun penontonnya saat ini sebagian besar berasal dari Tiongkok, dia akan terus menerapkan strategi ini di wilayah lain agar selaras dengan tren streaming langsung yang sedang berkembang di wilayah lain.

Di Airbnb, data tahun 2023 menunjukkan permintaan yang kuat dari wisatawan milenial dan Gen Z, dan sekitar 50 persen pemesan pertama kali di Asia-Pasifik berusia antara 18 dan 30 tahun.

Seorang juru bicara mengatakan kepada TTG Asia bahwa sekitar 90 persen pemesanan pertama kali di pasar India tahun lalu adalah generasi milenial dan wisatawan Gen Z.

Antara tahun 2022 dan 2023, Airbnb melihat generasi milenial dan tamu Gen Z “mendorong lonjakan perjalanan ke Thailand” dan “pemesanan di Thailand oleh tamu India di Airbnb meningkat lebih dari 60 persen dari tahun ke tahun”.

Ia juga menceritakan bahwa ada lonjakan minat yang nyata selama akhir pekan panjang Holi dan Paskah pada tahun 2023 ketika penelusuran tamu India untuk menginap di Thailand selama periode tersebut meningkat lebih dari 200 persen.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengumumkan beberapa pembaruan produk, yang terbaru adalah peluncuran kategori baru pengalaman luar biasa yang diselenggarakan oleh nama-nama terhebat di bidang musik, film, televisi, seni, dan olahraga,” kata juru bicara itu.


Bek: demografi generasi muda lebih suka bertualang dan ingin menjelajahi destinasi-destinasi terpencil

Jeremy Bek, manajer umum, kepala perjalanan global di Rakuten Travel mengamati peningkatan jumlah wisatawan dengan pengeluaran tinggi dan anggota berperingkat lebih tinggi yang mengemudikan bisnis, terutama dari negara-negara seperti Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan hingga Jepang.

Bek menyatakan para pelancong ini sering kali mencari pengalaman yang sangat autentik, termasuk menginap di ryokan di kota-kota yang jarang dikunjungi, serta pengalaman budaya unik dan santapan lezat, seperti kaiseki (makan malam tradisional Jepang dengan berbagai menu.

Meskipun Rakuten Travel tidak secara khusus mencatat data terkait usia dalam proses pemesanan, Rakuten Travel menyadari adanya dampak signifikan dari wisatawan berusia muda dan di bawah 40 tahun yang mendorong permintaan pada platformnya.

“Demografi ini paham teknologi, menghargai pengalaman unik dan personal, serta lebih cenderung menjelajahi destinasi-destinasi terpencil,” ujarnya.

Preferensi mereka terhadap perjalanan berdasarkan pengalaman dan kesediaan mereka untuk menghabiskan uang demi pengalaman unik membentuk masa depan industri perjalanan, menjadikannya fokus utama bagi strategi pertumbuhan dan inovasinya.

Penjualan dan kampanye reguler juga memainkan peran penting dalam mendorong pemesanan dan pendapatan Rakuten Travel.

Bek melanjutkan, khususnya, mega sale kami yang berulang, yang diberi nama Rakuten Travel Super Sale, menawarkan diskon besar hingga 75 persen dan mendorong wisatawan untuk memanfaatkan penawaran eksklusif kami dan menerima minat serta pemesanan yang signifikan.

“Selain itu, kampanye-kampanye ini membantu meningkatkan kesadaran merek, khususnya di negara-negara di mana kehadiran merek kami masih berkembang.”

Di Rakuten Travel, pihaknya memanfaatkan berbagai inovasi teknologi untuk meningkatkan dan mempersonalisasi pengalaman perjalanan. Dia menawarkan paket makan terperinci, yang memungkinkan wisatawan memilih makanan di ryokan.

Mereja juga bisa memfilter makanan untuk membantu pengguna menemukan akomodasi yang sesuai dengan preferensi diet mereka – hal ini dianggap penting bagi wisatawan muda yang menghargai pengalaman kuliner yang dipersonalisasi dan unik.

“Dibandingkan dengan OTA lainnya, Rakuten Travel menyediakan lebih banyak filter tipe akomodasi, termasuk opsi seperti machiya (townhouse tradisional), yang melayani mereka yang mencari penginapan autentik Jepang – sesuatu yang tidak tersedia di platform lain,” jelas Bek.

Selain itu, demografi generasi muda lebih suka bertualang dan ingin menjelajahi destinasi-destinasi terpencil yang sulit diakses oleh transportasi umum dan lebih mudah diakses dengan mobil. 

Oleh karena itu, kami telah memperkenalkan layanan reservasi sewa mobil dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Korea, dan Cina tradisional, dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fungsi pencarian yang intuitif.

Hal ini memudahkan wisatawan untuk memesan mobil sewaan di platform yang sama dengan akomodasi. situs web pemesanan



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »