Beranda  Perjalanan  Eco-Tourism  Roket Bambu Menerangi Langit Vientiane di Festival Tahunan


Festival Roket di Mueang Fueang, Provinsi Vientiane (Foto: Laopost)

VIENTIANE, Laos, bisnisaisata.co.id: Desa-desa dan komunitas di seluruh Provinsi Vientiane berkumpul untuk berpartisipasi dalam Festival Roket yang populer, yang juga dikenal sebagai “Bun Bang Fai”, membuat roket bambu besar yang dihiasi dengan warna-warna cerah dan desain unik dan meluncurkannya ke angkasa.  

Dilansir dari laotiantimes.com, festival ini dirayakan setiap tahun untuk menyerukan turunnya hujan agar budidaya berhasil, yang menunjukkan pentingnya pertanian yang mengakar dalam acara tersebut.

 Apa itu Bun Bang Fai?

Diadakan di berbagai belahan negara, Festival Roket adalah acara meriah yang dirayakan setiap tahun pada bulan ke-6 kalender lunar, biasanya jatuh antara bulan Mei dan Juni setiap tahunnya.  

Hal ini sejalan dengan siklus pertanian dan mencerminkan makna festival ini sebagai permohonan untuk musim panen yang sejahtera.

Festival Roket di Laos

Roket secara tradisional terbuat dari bambu yang diisi dengan bubuk mesiu, namun festival ini telah berkembang seiring waktu, dan roket saat ini menggunakan bahan-bahan seperti pipa kaca atau logam.  

Meskipun terdapat pergeseran material, roket-roket tersebut tetap memiliki rentang ukuran yang beragam, mulai dari roket genggam kecil hingga struktur tinggi yang memerlukan beberapa orang untuk mengangkatnya. 

Namun hubungan festival ini dengan pertanian bukan sekadar simbolis.  Roket tersebut merupakan doa penduduk desa agar curah hujan melimpah, yang sangat penting bagi keberhasilan musim panen.  

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, semakin keras dan tinggi roket terbang, semakin besar kemungkinan dewa hujan mengabulkan doa mereka.  

Keyakinan ini menimbulkan persaingan yang bersahabat namun sengit di antara penduduk desa, masing-masing berusaha keras untuk menciptakan roket yang akan terbang paling tinggi dan paling keras.

 Perayaan:

Sebelum festival berlangsung, setiap desa membentuk komite untuk merencanakan setiap detailnya, mulai dari mengundang desa lain, menetapkan peraturan, hingga menyusun langkah-langkah keselamatan.  

Acara ini juga menawarkan hadiah untuk berbagai kontes, seperti roket dengan dekorasi terindah dan roket terbang tertinggi.

Di sisi lain, keluarga dan teman juga berkumpul sebelum festival untuk mempersiapkan acara tersebut, membuat roket dalam segala bentuk dan ukuran.

Pada hari besar tersebut, kota-kota memulai kompetisi sengit saat orang-orang desa berkumpul di lapangan terbuka untuk meluncurkan roket bambu mereka.  

Juri menilai mereka berdasarkan tinggi badan, dekorasi, dan nilai hiburan.  Kategori hiburan mencakup tim yang mengenakan kostum liar dan melakukan segala macam aksi untuk menghibur penonton.

Selain peluncuran roket, festival ini juga menampilkan parade warna-warni, pertunjukan tradisional, dan kompetisi lainnya, menambah suasana meriah.  Selain itu, pada perayaan tersebut, warga dan pengunjung dapat menikmati berbagai makanan tradisional

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »