Merayakan Semangat Kartini dalam Praktik Pariwisata yang Berkelanjutan di Umana Bali


General Manager Umana Bali, Serpil Guney, yang menginisiasi kemitraan dengan pengrajin perempuan dan komunitas lokal untuk memberdayakan masyarakat sekitar ( Foto: istimewa)

 

Memajukan komunitas perempuan pengrajin lokal dalam keberlangsungan pariwisata yang bertanggung jawab pada alam 

 BALI, bisniswisata.co.id:  Resor premium dari jaringan hotel terkemuka Hilton, Umana, Bali, LXR Hotels & Resorts menawarkan kenyamanan rehat yang memadukan kebudayaan, keragaman komunitas, dan kesejahteraan untuk memberikan pengalaman memukau yang memperkaya jiwa.

Pengalaman ini terwujud dalam pelaksanaan praktik pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) yang turut memberikan dampak pada alam dan lingkungan sekitar, termasuk komunitas masyarakat perempuan di area sekitar resor.

Sebagai properti pionir dari LXR Hotels & Resorts di kawasan Asia Tenggara, praktik pariwisata di Umana Bali berakar dari tiga pilar utama. Dimulai dari desain properti yang memikat (intriguing individual design) sebagai identitas dasar LXR Hotels & Resorts dalam setiap lokasi propertinya. 

Arsitektur lanskap dan desain interior resor mencerminkan legenda, keyakinan, dan adat istiadat setempat, menghadirkan seni Bali yang hidup melalui ukiran-ukiran yang terwujud dalam pola dan ruang untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. 

Desain Umana Bali adalah perpaduan yang seimbang antara elemen ketuhanan, komunal, dan alam, mengundang para tamu untuk menghormati dan ambil bagian dalam tarian persatuan dan penghormatan Bali yang abadi. 

Patung-patung penari Bali kontemporer dihiasi dengan koin-koin antik yang biasa digunakan sebagai persembahan pada acara-acara sakral dan dekorasi pura. 

Lampu gantung logam dan kaca buatan tangan yang berada di lobi terinspirasi layaknya gerakan kipas dalam tarian Legong Keraton atau Kraton (Tarian Istana) yang ikonik. 

Konsep rancangan 72 unit vila serupa Subak Bali – sebuah metode tradisional yang menghubungkan irigasi sawah dengan alam dan Sang Ilahi, hingga Heart of the House berupa area luas multifungsi mulai dari restoran yang melayani sarapan, makan siang, dan makan malam, serta Kids Club-sebuah surga dunia bagi tamu-tamu junior.

Seluruh kemegahan rancangan yang terdapat pada resor dihadirkan dengan menggunakan bahan-bahan lokal, seperti menggunakan batu dari lingkungan sekitar untuk kolam, jalur, jalan, dan dinding. Pemilihan spesies tanaman lokal juga semakin menunjukkan dedikasi untuk menciptakan lanskap di tebing yang berkelanjutan dan selaras secara ekologis.

Selanjutnya, Umana Bali merayakan petualangan pribadi dan personal setiap tamu melalui kemewahan yang tersaji dalam pilar kedua, yaitu pelayanan personal (bespoke personalized service) yang tak tertandingi. 

Menghubungkan tiga elemen yaitu Alam, Manusia, dan Spiritualitas, Umana Bali menciptakan visi kontemporer yang bermakna di setiap layanannya. 

Hubungan otentik dengan alam, kerajinan tangan organik, dan ritual kesehatan holistik mampu membawa Pulau Dewata menjadi “hidup” bagi para tamu. 

Setiap pengalaman unik yang ditawarkan terinspirasi oleh budaya tradisional Bali, yang kemudian dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pengembara modern yang sedang mengejar petualangan pribadinya. 

Sejalan dengan misi Umana yang berkomitmen tinggi terhadap pariwisata yang bertanggung jawab, Umana Bali memprioritaskan lingkungan dan komunitas lokal melalui kemitraan dengan pengrajin perempuan lokal yang terampil untuk menciptakan sebuah sanctuary di mana kemewahan berpadu dengan tanggung jawab. 

Melalui kemitraan yang telah terjalin, resor ini telah menghasilkan karya seni dengan menggunakan bahan lokal seperti marmer Jawa yang indah dan rotan, menyediakan amenities yang ramah lingkungan seperti perlengkapan kecantikan yang terbuat dari daun pisang hasil daur ulang, kotak dari batok kelapa, dan sandal alami yang dianyam dari serat pandan dan rumput mendong.

Kolaborasi kolektif dalam misi pemberdayaan perempuan ini merupakan gagasan dari sosok perempuan yang kini memimpin Umana Bali. Dipercaya sebagai General Manager Umana Bali, Serpil Guney merupakan seorang figur yang menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas. 

Dalam masa kepemimpinannya, Serpil berinisiatif untuk mengangkat derajat perempuan dan mendukung komunitas lokal. Dia pun terlibat dalam program dan inisiatif pendidikan untuk memberdayakan masyarakat dan percaya bahwa membimbing talenta muda adalah bagian paling menyenangkan dari pekerjaannya, sebuah semangat yang ia yakini serupa dengan melanjutkan semangat juang Ibu Kartini.

Menjadi seorang pemimpin dan seorang perempuan adalah sesuatu yang patut dirayakan. Semangat dan gaya kepemimpinan seseorang tidak berkurang hanya karena dia seorang perempuan; sebaliknya, hal ini justru menunjukkan kekuatan dari seorang perempuan yang berdaya. 

“ Sepanjang perjalanan profesional saya sejauh ini, menjadi seorang perempuan memberikan banyak keunggulan dan pengaruh yang membentuk jalur karier saya. Ke depannya, saya berharap dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi semakin banyak perempuan di luar sana, melalui aksi-aksi perusahaan yang saya pimpin,” tutur Serpil.

Di Umana Bali, pilar ketiga hadir melalui nilai-nilai kebudayaan Bali yang dapat dirasakan dalam sajian kuliner yang memanjakan indera perasa. 

Menggunakan 80% bahan baku produk yang berasal dari pertanian lokal dan tanaman hidroponik untuk memastikan kesegaran dan cita rasa sempurna kepada para tamu dalam setiap sajian di restoran dan barnya. 

Para tamu juga dapat mencoba aktivitas Balinese wine tasting, di mana tamu akan menikmati wine yang ditanam dan diproduksi di Bali, sehingga setiap tegukannya akan menceritakan kisah tentang kebun anggur yang menghiasi lanskap Pulau Bali yang beragam.

“Dedikasi LXR untuk menghadirkan desain yang memikat, pelayanan yang personal, dan beragam pengalaman kaya akan budaya, telah terwujud dengan baik di Umana Bali,” ungkap Serpil.

Menghabiskan waktu di tempat ini memberikan sebuah interpretasi modern dari kehidupan Bali yang berakar dari budaya dan komunitas dalam mengungkap kekuatan magis pulau ini secara bertanggung jawab pada alam dan berdampak pada masyarakat di lingkungan sekitar, tambahnya.

Untuk merasakan pengalaman menikmati Bali way of life secara bertanggung jawab pada alam dan lingkungan sekitar, Umana Bali juga menawarkan Balinese Getaway offer. Berlaku sepanjang tahun 2024, tamu dapat melakukan pemesanan minimum untuk menginap 2 malam, dan mendapatkan daily breakfast hingga daily resort credit senilai Rp1,5 juta.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »