AMIN Kalah Jika Lolos Putaran Kedua




Jakarta, CNN Indonesia

Survei Indikator Politik Indonesia terbaru menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kalah head to head dengan pasangan calon manapun jika lolos putaran kedua di Pilpres 2024.

AMIN kalah telak dengan elektabilitas 27,2% melawan Prabowo-Gibran yang meraih elektabilitas sebesar 58,9% jika bersaing secara head to head di putaran kedua.

AMIN juga kalah dengan elektabilitas 38,5% melawan Ganjar-Mahfud yang meraih elektabilitas 43% jika bersaing secara head to head di putaran kedua.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini simulasi head to head secara umum Pak Prabowo unggul melawan Anies. Bagaimana kalau Pak Prabowo tidak lolos putaran kedua, yang lolos putaran kedua Anies versus Ganjar selisihnya tipis. Ganjar-Mahfud sedikit unggul tapi tidak signifikan secara statistik,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers yang disiarkan daring, Selasa (26/12).

Di sisi lain, Prabowo-Gibran unggul telak melawan Ganjar-Mahfud jika bersaing secara head to head dengan selisih 30% di putaran kedua.

Prabowo-Gibran meraih elektabilitas sebesar 58,2% sementara Ganjar-Mahfud merengkuh elektabilitas sebesar 28,4%.

Survei ini melibatkan 1217 responden dengan target populasi survei adalah warga negara Indonesia berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah yang memiliki telpon.

Survei dilakukan selama dua hari yaitu 23 dan 24 Desember 2023 dengan menggunakan kombinasi dari metode Random Digit Dialing dan Double Sampling.

Margin of error survei ini sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Setali tiga uang dengan hasil survei ini, sebelumnya hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi Prabowo-Gibran bakal memenangi putaran kedua siapapun lawannya.

“Ketika lolos misalnya Ganjar-Mahfud dengan Prabowo-Gibran. Hasilnya Prabowo di angka 53,2 persen, Ganjar-Mahfud di angka 31 persen. Jadi putaran kedua jika dilakukan, Prabowo-Gibran Unggul telak di atas 20 persen,” kata Peneliti LSI Denny JA dalam konferensi pers, Senin (11/12).

Ardian menyebut Prabowo-Gibran juga menang jika melawan AMIN di putaran kedua dengan elektabilitas 56,2%.

Head to head Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin juga menempatkan Prabowo-Gibran unggul telak di atas 20 persen,” ujarnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 20 November hingga 3 Desember 2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling. Responden survei sebanyak 1200 responden.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error kurang lebih 2,9%.

(mab/pua)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »