Terpidana Kasus Brigadir J Putri Candrawathi Dapat Remisi 1 Bulan




Jakarta, CNN Indonesia

Terpidana kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Putri Candrawathi hingga narapidana korupsi Bansos Juliari Batubara mendapatkan remisi khusus pada Natal tahun ini.

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Edward Pagar Alam mengatakan istri mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan eks Mensos itu mendapatkan remisi.

“Putri Candrawathi dan Juliari Batubara masing-masing mendapatkan remisi Natal satu bulan,” kata Edward saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (25/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Edward menyebut Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tahun ini memberikan remisi khusus Natal kepada 15.922 narapidana Kristen dan Katolik di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan dari jumlah tersebut, 15.823 narapidana menerima remisi khusus I atau pengurangan sebagian. Dengan rincian 3.038 orang menerima remisi 15 hari, 10.871 narapidana mendapat remisi satu bulan, 1.404 narapidana memperoleh remisi satu bulan 15 hari, dan dua bulan remisi untuk 510 narapidana.

Sementara itu, 99 orang menerima remisi khusus II atau langsung bebas, dengan rincian 37 narapidana menerima pengurangan masa pidana 15 hari, 53 orang menerima remisi satu bulan, empat narapidana menerima remisi satu bulan 15 hari, dan lima narapidana menerima remisi dua bulan.

Remisi sendiri diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Di antaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan.

Lima hakim agung pada MA sebelumnya memangkas hukuman pidana pada Putri cs. Hukuman Putri, yang merupakan istri Sambo, dipangkas dari 20 tahun penjara menjadi 10 tahun.

Sementara Juliari belum lama ini juga mendapatkan remisi empat bulan dalam rangka HUT ke 78 RI. Adapun Juliari diketahui merupakan terpidana kasus korupsi bantuan sosial Corona di Kemensos. Juliari divonis 12 tahun penjara.

Remisi ratusan napi di Bali

Terpisah, sebanyak 335 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) Negara di Bali menerima remisi khusus Hari Raya Natal tahun 2023 dan sebanyak 5 orang narapidana diantaranya langsung bebas.

Romi Yudianto selaku Kepala Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, mengatakan bahwa pemberian remisi tersebut adalah apresiasi kepada warga binaan permasyarakatan (WBP).

“Pemberian remisi ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan WBP yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan,” kata dia, di Kantor Kemenkumham Bali, Senin (25/12).

Romi mengungkap, bertepatan dengan memperingati Hari Raya Natal ini, Kemenkumham memberikan Remisi Khusus kepada 335 orang narapidana yang terdiri dari Remisi Khusus I yaitu pengurangan sebagian ada sebanyak 330 orang dan Remisi Khusus II di mana setelah mendapatkan remisi dinyatakan langsung bebas sebanyak 5 orang.

(kha/kdf)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »