Indonesia Incar FDI Qatar Di Sektor Perhotelan dan Pariwisata


Suasana pameran Hospitakity Qatar tahun lalu. RI kembali berpartisipasi tahun ini ( Foto: Dok Hospitality Qatar) 

QATAR, bisniswisata.co.id: Indonesia saat ini  membina kolaborasi yang kuat dengan Qatar di sektor perhotelan dan pariwisata, kata diplomat utama negara Asia Tenggara tersebut kepada Gulf Times di sela-sela Hospitality Qatar 2023, yang  berlangsung hingga 8 November di Doha Exhibition and Convention Center (DECC) .

Dilansir dari gulf-times.com, Duta Besar Indonesia Ridwan Hassan menggarisbawahi bahwa kerja sama kedua negara di sektor ini akan memiliki fokus yang signifikan pada industri halal global bernilai triliunan dolar, investasi Qatar di Indonesia dan pertumbuhan volume perdagangan antara Indonesia dan Qatar.

“Kemitraan antara Qatar dan Indonesia di sektor perhotelan dan pariwisata terus berkembang. Indonesia mempunyai banyak hal untuk ditawarkan sebagai tujuan wisata,” kata Hassan, seraya menambahkan bahwa kehadiran negara tersebut pada acara tiga hari tersebut menggarisbawahi dedikasi Indonesia untuk membina kemitraan yang kuat dalam industri perhotelan.

Informasi terkait pariwisata yang dipromosikan oleh KBRI pada acara tersebut antara lain upaya Indonesia untuk mengembangkan apa yang disebut ’10 Destinasi Bali’, yang tersebar di berbagai pulau dan wilayah. 

Inisiatif ini bertujuan untuk menampilkan keanekaragaman budaya dan alam bangsa. Destinasi-destinasi ini siap menjadi daya tarik yang signifikan bagi wisatawan, jelas duta besar.

Mengenai industri halal dan peluang investasi bagi Qatar, Hassan menekankan bahwa Indonesia ingin memposisikan dirinya sebagai pusat internasional untuk ekonomi halal, “mengingat statusnya sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar.”

Hassan menggarisbawahi potensi pariwisata halal, karena sektor ekonomi halal yang berkembang di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian secara keseluruhan.

“Indonesia menyambut baik investasi di sektor pariwisata dan kami mengundang Qatar untuk mempertimbangkan peluang tersebut. “Otoritas Investasi Qatar (QIA) telah aktif menjajaki peluang investasi di Indonesia, termasuk rencana pengembangan resor,” kata Hassan.

Duta Besar juga mengatakan Indonesia dan Qatar telah mengalami peningkatan volume perdagangan, yang menurutnya, “merupakan cerminan dari kuatnya hubungan ekonomi antara kedua negara.”

“Peningkatan penerbangan Qatar Airways ke Indonesia, termasuk enam penerbangan harian gabungan ke Jakarta dan Bali, telah memainkan peran penting dalam memperluas kerja sama perdagangan dan ekonomi,” tegas Hassan.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »