Pemulihan pariwisata di Asia Pasifik – Agustus 2023


Turis menikmati kuliner di Ayana Bali Resort.     Foto: Unsplash.com/James Tiono)

HONG KONG, bisniswisata.co.id: Berbagai destinasi di Asia Pasifik menunjukkan pemulihan yang kuat, termasuk peningkatan jumlah wisatawan China.

Jepang

Dilansir dari www.4hoteliers.com, didorong oleh Yen yang lemah, ada sekitar 2 juta pengunjung asing ke Jepang pada bulan Juni, sekitar 72% dari angka yang sebanding pada tahun 2019. 

Selain pemasok utama di Asia Timur, beberapa pasar menunjukkan permintaan yang lebih kuat dibandingkan tahun 2019, termasuk Singapura, Filipina , Vietnam, AS, dan Australia.

Pasar pengumpan terbesar pada 2019, China, menunjukkan pemulihan yang lambat karena terbatasnya penerbangan langsung dari kota-kota besar, dan jumlah total pengunjung dari China hanya 24% dari tingkat pra-pandemi. 

Pengumuman pada 10 Agustus mengindikasikan bahwa China akan mengizinkan grup tur outbound ke Jepang diselenggarakan lagi. Karena semakin banyak turis berduyun-duyun ke Jepang, industri perhotelan dan transportasi menghadapi kekurangan tenaga kerja yang semakin parah. 

Sementara hotel mencatat rekor tingkat hunian dan tarif kamar, beberapa telah memutuskan untuk menaikkan tarif kamar agar tingkat hunian tetap rendah. 

Industri transportasi di seluruh Jepang juga mengalami lonjakan permintaan turis asing di kota-kota besar, dan kereta api serta taksi lokal tidak mampu mengatasi permintaan yang meningkat. 

Pemerintah Kyoto memutuskan untuk menghapus tiket bus satu hari pada Maret 2024 dengan harapan mengurangi kepadatan bus bagi pengguna lokal.

SAR Makau

Makau menyambut lebih dari 2,2 juta pengunjung pada bulan Juni, 52% di antaranya adalah pengunjung yang bermalam. 

Didorong oleh pengunjung dari Tiongkok Raya, pariwisata di Makau pulih dengan cepat setelah kembalinya wisatawan Tiongkok. Sekitar dua pertiga pengunjung berasal dari China Daratan pada bulan Juni, diikuti oleh Hong Kong SAR (27,2%) dan Taiwan (1,9%).

Data Juni tahun ini juga menunjukkan pemulihan kedatangan pengunjung Makau, mencatat 57% dari angka yang sebanding pada 2019.

Dengan bertambahnya jumlah wisatawan, kinerja hotel pun meningkat drastis. Pada bulan Juni, semua hotel mencatat tingkat hunian rata-rata 89% dengan rata-rata tarif kamar MOP 1.305. RevPAR bulanan mencapai 97% dari angka pada tahun 2019, menunjukkan permintaan yang kuat dari sisi game dan wisatawan setelah pandemi.

Vietnam

Pada paruh pertama tahun 2023, Vietnam menyambut lebih dari 5,5 juta pengunjung luar negeri, termasuk 975.000 pada bulan Juni. Korea Selatan, Cina, Taiwan, dan AS adalah pasar pemasok terbesar ke Vietnam.

Tren ini diperkirakan akan menarik lebih banyak pengunjung dari luar negeri setelah kebijakan visa baru mulai berlaku pada 15 Agustus. Kebijakan visa baru akan memungkinkan pengunjung dari luar negeri untuk tinggal lebih lama di negara ini.

Pengunjung dengan visa elektronik dapat tinggal di negara itu hingga 90 hari. Sementara jumlah absolut pengunjung luar negeri tertinggal dari negara-negara lain di Asia Tenggara, angka bulanan mencapai sekitar 82% dari level pada tahun 2019, menunjukkan permintaan yang kuat untuk pariwisata di Vietnam. 

Pada saat yang sama, Juni juga merupakan musim puncak pariwisata domestik. Ada sekitar 13,5 juta wisatawan domestik, termasuk 9 juta menginap semalam. Menurut berita lokal, total pendapatan pariwisata pada paruh pertama tahun 2023 diperkirakan mencapai VND 343,1 triliun TU setara US$ 144,6 miliar.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »