PDIP Segera Umumkan Sanksi Buat Budiman Sudjatmiko



Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan segera mengumumkan sanksi kepada salah satu kadernya, Budiman Sudjatmiko buntut deklarasi dukungannya kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menurut Hasto, Budiman memiliki dua opsi saat ini, mengundurkan diri sebagai kader atau akan dipecat. Dia menilai partai tidak akan mentolerir tindakan indisipliner seperti yang dilakukan Budiman.

“Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (20/8).

Hasto menyinggung etika politik soal deklarasi Budiman kepada Prabowo di Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (18/8). Menurut dia, partainya selama selalu mengedepankan etika politik dengan partai-partai lain.

Menurut dia, yang dilakukan Gerindra saat ini juga pernah dilakukan pada 2019. Kala itu, relawan Prabowo juga mendirikan posko pemenangan di Solo. Hasilnya, Prabowo dan Sandiaga Uno kala di Pilpres.

“Apa yang terjadi itu justru malah membangunkan spirit seluruh kader-kader PDI Perjuangan, apalagi pengumumannya dilakukan di Jawa Tengah. Ini membangkitkan militansi seluruh kader-kader PDI Perjuangan,” kata dia.

Sementara itu, Budiman sebelumnya berharap dirinya tak dipecat oleh usai menyatakan dukungannya kepada Prabowo. Dia mengaku akan sangat sedih jika harus keluar dari partai yang ia dukung sejak masih belia.

“Saya tahu bahwa itu [sanksi pemecatan] sangat menyedihkan untuk saya. Saya bayangkan saja saya bisa berkaca-kaca,” kata dia, Sabtu (19/8).

“Bagi saya PDIP bahkan sejak nama PDI itu parpol sudah saya dukung sejak kampanyenya, sejak kelas 6 SD,” imbuh Budiman.

(thr/ugo)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »