Jumlah Wisman di Hotel Rusia 15% di Atas Tingkat Sebelum Pandemi. 


CHESHIRE, bisniswisata.co.id : Menurut data dari Rosstat, jumlah tamu yang menginap di hotel dan akomodasi serupa lainnya di Rusia dari Januari hingga Juni 2023 adalah 35 juta orang, meningkat 13% dari paruh pertama 2022. 

Membandingkannya dengan pra-pandemi paruh pertama tahun 2019, terjadi peningkatan jumlah tamu sebesar 15%, karena 30,3 juta orang tinggal di akomodasi selama periode tersebut. Permintaan liburan di Rusia meningkat karena perjalanan yang tertunda dan kenaikan harga di hotel-hotel Turki.

Dilansir dari tourism-review.com, hampir 97% tamu di fasilitas akomodasi kolektif di Rusia adalah warga negara Rusia, dengan jumlah 33,8 juta orang. Pada paruh pertama tahun 2023, 1,28 juta orang asing tinggal di hotel Rusia, 3% lebih rendah dari 1,32 juta orang tahun sebelumnya. 

Sebelum pandemi, jumlah tamu asing di hotel-hotel Rusia selama paruh pertama tahun 2019 hampir dua setengah kali lipat dari jumlah saat ini, dengan total 4,4 juta tamu asing.

Secara keseluruhan, selama paruh pertama tahun 2023, para tamu menghabiskan 135,3 juta malam di hotel dan penginapan Rusia, yang menandai peningkatan 12,6% dari 120,2 juta malam tahun sebelumnya dan peningkatan 23,3% dari tahun 2019 sebanyak 109,7 juta malam.

Tahun ini, orang Rusia yang biasanya pergi berlibur ke luar negeri menyaksikan lonjakan popularitas resor domestik yang nyata. Pantai Laut Hitam, Moskow, St. Petersburg, dan pusat regional penting lainnya kini memiliki akomodasi yang padat. 

Alih-alih bepergian ke Turki, pelancong Rusia semakin memilih untuk tinggal di hotel keluarga bintang lima berkualitas tinggi di Rusia karena meningkatnya biaya berlibur di Turki.

Pendapatan hotel Rusia meningkat.

Menurut Rosstat, hotel Rusia, dan fasilitas akomodasi kolektif lainnya telah memperoleh pendapatan 339,6 miliar rubel untuk paruh pertama tahun 2023, meningkat 24% dibandingkan pendapatan tahun lalu sebesar 273,6 miliar rubel. Dibandingkan dengan pra-pandemi 2019, pendapatan meningkat 44,2% dari 235,5 miliar rubel.

Peningkatan pendapatan disebabkan oleh peningkatan jumlah tamu dan lonjakan harga di fasilitas akomodasi kolektif. Para ahli menunjukkan bahwa harga hotel untuk perusahaan bintang 3–5 akan naik sekitar 8% di musim panas. 

Di daerah yang banyak menarik wisatawan, seperti Wilayah Krasnodar, Moskow, dan Tatarstan, pertumbuhan harga hotel bintang tiga lebih tinggi dari rata-rata. Namun, harga lebih rendah di Krimea dan Wilayah Altai dibandingkan tahun lalu.

Statistik resmi mengungkapkan bahwa biaya rata-rata menginap di hotel bintang 4–5 pada bulan Juni meningkat sekitar 12% dibandingkan tahun 2022, mencapai 3 ribu rubel per hari per orang. 

Tahun lalu, biayanya 2,7 ribu rubel. Selain itu, harga rata-rata menginap di hotel bintang tiga pada bulan Juni adalah RUR 1,9 ribu, naik 8,5% dari tahun sebelumnya sebesar RUR 1,8 ribu.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »