Jokowi Resmikan Indonesia Arena Senilai Rp 640 Miliar: Dibangun 18 Bulan, Sangat Cepat Sekali


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan gedung olahraga multifungsi Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta pada Senin, 7 Agustus 2023. Ia tiba di gedung olahraga yang juga dikenal sebagai Indonesia Arena ini pada pukul 11.30 WIB.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan,” ucap Jokowi di acara peresmian tersebut. Selain itu, Jokowi juga menandatangani prasasti pembangunan Indonesia Arena.

Jokowi mengungkapkan Indonesia Arena memiliki kapasitas sekitar 16 ribu penonton. Stadion yang bernilai ratusan miliar rupiah ini, kata Jokowi, berhasil dibangun dalam waktu singkat. “Dibangun dengan biaya Rp 640 miliar, pembangunan ini selama 18 bulan. Sangat cepat sekali,” ujarnya.

Diketahui, Indonesia Arena mulai dikerjakan pada Desember 2021 oleh Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan selesai di bulan Juni 2023. Stadion tersebut dibangun dengan luas 5.300 meter persegi.

Gedung olahraga baru ini akan menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 pada 15 Agustus-10 September mendatang. Dalam kejuaraan basket dunia itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Indonesia direncanakan menggelar pertandingan fase penyisihan Grup G dan H, serta satu grup pada putaran kedua. Beberapa tim yang dipastikan tampil di Indonesia Arena adalah Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil di Grup G. Sementara itu di Grup H, terdapat tim basket Kanada, Latvia, Libanon, dan Prancis.

Selanjutnya: Spanyol sendiri merupakan juara bertahan …





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »