Cathay Pacific Optimistis di Pasar Asia Tenggara


HONG KONG, bisniswisata.co.id: Cathay Pacific adalah salah satu ikon penerbangan terbesar Hong Kong jika bukan ikon terbesar Hong Kong. Mengapa Pasar Asia Tenggara sangat penting bagi maskapai ini dengan Bangkok menjadi salah satu tujuan terpenting bagi maskapai.

Dilansir dari aviationsourcenews.com, menurut Bangkok Post, Cathay Pacific sangat optimis dengan pertumbuhan pasar Asia Tenggara, dengan ibu kota Thailand menjadi rute paling menguntungkan dan salah satu rute terpenting bagi maskapai. 

Ibu kota Thailand sudah tidak asing lagi bagi wisatawan karena menempati urutan pertama negara paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2022.

Manajer umum regional Dominic Perret untuk Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya di Cathay Pacific: berbicara kepada Bangkok Post menyatakan: “Kami telah melihat pemulihan yang kuat di seluruh Asia Tenggara. Thailand telah menjadi salah satu pasar terkuat untuk pulih”.

Hong Kong dibuka kembali

Pembukaan kembali perbatasan memungkinkan lalu lintas maskapai membengkak. Wilayah ini sekarang pulih secara mengesankan bersamaan dengan tren kenaikan yang dirasakan secara global.

 Pada bulan Mei tahun ini, pemulihan mencapai 53% dibandingkan dengan tingkat sebelum covid (2019) lapor Perret berbicara kepada Bangkok Post.

Rute ke dan dari Hong Kong telah menunjukkan ketahanan setelah pembukaan kembali. Lalu lintas dari Asia Tenggara, seperti Bangkok, Manila, dan Singapura, mengungguli destinasi Asia Tenggara lainnya. Kota-kota ini menunjukkan arti penting dalam peta rute Cathay Pacific.

Singapura adalah salah satu pusat keuangan dan ekonomi yang paling dikenal dan terkenal di dunia, mendorong lalu lintas hasil tinggi antara kedua tujuan tersebut.

Manila juga merupakan pasar penting bagi maskapai yang berbasis di Hong Kong, karena banyak OFW atau Pekerja Filipina Luar Negeri tinggal di Hong Kong, dan ada banyak diaspora Filipina di negara bagian, memanfaatkan Hong Kong sebagai penghubung yang layak dari Manila ke Amerika Utara.

Bangkok adalah pasar emas bagi maskapai ini, terutama menjadi pusat wisata bagi banyak penduduk Hong Kong dan Asia Utara. Bangkok menjadi pusat ekonomi di kawasan kedua setelah Singapura, yang memperoleh hasil lebih tinggi dari sebelumnya.

Banyak orang Thailand menyukai Hong Kong karena pemandangan kuliner dan budayanya, dan banyak orang Thailand bepergian ke Jepang dan Korea Selatan melalui Hong Kong.

Tidak hanya Bangkok yang merupakan pasar yang menggiurkan bagi penduduk Hong Kong, tetapi juga bagi seluruh negeri. Cathay Pacific terbang ke Phuket, Pulau terbesar dan terpopuler di Thailand setidaknya sekali sehari dengan pesawat berbadan lebar regionalnya, Airbus A330, bukan A321neo yang diterbangkan tahun lalu hingga awal tahun ini.

Maskapai ini terbang setidaknya 5 hingga 6 kali ke Bandara Bangkok Suvarnabhumi sering menggunakan pesawat Airbus A350 dan Boeing 777 yang lebih lebar. Sebelum pandemi, maskapai tersebut menerbangi rute kebebasan kelima dari Hong Kong ke Singapura melalui Bangkok menggunakan pesawat A350.

Hingga saat ini, penerbangan tersebut belum kembali. Dengan Bangkok yang paling sering dilayani per hari, faktor muatan penerbangan ke Bangkok mencapai 90% di bulan Mei dan diperkirakan akan berkinerja lebih baik hingga pertengahan tahun menurut Bangkok Post.

Bergandengan tangan dengan pasar Thailand

Untuk memikat lebih banyak penerbang Thailand, maskapai Oneworld bermitra dengan salah satu grup ritel dan real estat terbesar di Thailand ‘Siam Piwat’ dalam program loyalitas mereka yang memungkinkan konversi poin antara koin VIZ Asia Miles dan Siam Piwat, yang menarik perhatian Hong Kong dan Thailand pasar.

Menurut Bangkok Post, grup maskapai tersebut memperkirakan keuntungan antara HK$4 miliar hingga HK$4,5 miliar pada semester pertama yang menandakan bahwa maskapai tersebut agak keluar dari hutan pandemi.

Cathay Pacific berharap untuk mendapatkan bank tinggi di pasar Thailand di bulan musim ramai mendatang dan kebijakan ekonomi yang lebih jelas dari pemerintah Thailand setelah pemilihan umum Mei. Pasar Thailand masih menjadi pasar penting bagi maskapai di kawasan ASEAN, bersama Singapura, Filipina, dan Indonesia.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »