KASBI Aksi di Istana 10 Agustus, Partai Buruh Long March dari Bandung



Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengatakan pihaknya bakal menggelar demonstrasi di depan Istana Kepresidenan Jakarta, pada 10 Agustus.

Nining menyebut pihaknya ingin mendesak pemerintah mencabut Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan sejumlah peraturan yang tak berpihak ke rakyat.

“KASBI bersama Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan turun aksi di Istana Negara. Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja,” ujarnya.

Nining tak menyebut secara pasti jumlah massa yang bakal turun ke lapangan. Ia mengatakan masih dalam tahap konsolidasi massa.

Nining tak menampik jika aksi itu tindak lanjut dari acara konsolidasi buruh yang digelar di Islamic Centre, Bekasi pada (29/7) lalu. Nining mengatakan KASBI Bekasi hadir dalam acara itu.

Saat itu hadir pula akademisi Rocky Gerung sebagai tamu undangan. Dalam orasinya, Rocky mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kunjungan Jokowi ke China untuk mempromosikan IKN. Ia pun membubuhi kata “bajingan tolol” dalam orasinya itu.

Orasi Rocky diunggah di akun Youtube @Rocky Gerung Official. Dalam video itu tersemat logo Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Namun, Nining tak ingin berkomentar lebih terkait dengan pernyataan Rocky Gerung yang kini dilaporkan oleh kelompok relawan Jokowi di Polda Metro Jaya itu.

Ia juga tak menjawab apakah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) ikut aksii pada aksi 10 Agustus nanti.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea. Namun, masih belum ada respons.

Buruh long march dari Bandung

Sementara itu, massa Partai Buruh bakal melakukan long march selama delapan hari dari Bandung ke Jakarta. Aksi itu dimulai dari Gedung Sate, Kota Bandung, hari ini. Aksi berakhir di Mahkamah Konstitusi, Jakarta pada 9 Agustus.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pengesahan UU Cipta Kerja, UU Kesehatan dan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold di UU Pemilu.

Selain itu, Iqbal mengatakan aksi itu dilakukan untuk menuntut jaminan sosial semesta sepanjang hayat (JS3H) dan kenaikan upah minimum 15 persen pada 2024.

“Dalam long march ini, buruh membawa tuntutan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (2/8).

Iqbal mengatakan massa buruh bakal disambut oleh buruh lainnya di kota industri yang dilintasi. Mereka juga akan menyebarkan petisi untuk mendukung tuntutan tersebut.

“Itulah spirit yang akan diperjuangkan selama longmarch jalan kaki Bandung-Jakarta selama delapan hari,” ujarnya.

Ribuan relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diklaim bakal menggelar ‘aksi tangkap Rocky Gerung’ di Jakarta pada 10 Agustus mendatang.

“Laporan ke Polda masing-masing kemudian kita persiapan untuk konsolidasi besar di daerah-daerah dan juga di Jakarta pada tanggal 10 ya. Karena tanggal 10, ya 10 ribu lah di Jakarta kita akan turun,” kata Ketua Barikade 98 Benny Ramdhani di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/8).

(apa/fra)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »