Forum KTT PBB Soroti Pariwisata untuk Pembangunan Berkelanjutan 


NEW YORK, bisniswisata.co.id: Sektor pariwisata kembali ke markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menekankan posisi unik sektor ini guna mempercepat kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Mencerminkan relevansi pariwisata yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam agenda PBB, UNWTO bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Olahraga, Republik Kroasia dan dukungan dari Kementerian Pariwisata, India, Ketua Kelompok Kerja Pariwisata G20 akan mengumpulkan para pemimpin dari sektor publik dan swasta.

Pertemuan meja bundar tingkat tinggi di acara sampingan resmi tentang “Keberlanjutan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan dalam Pariwisata” diadakan pada hari Jumat 14 Juli lalu dalam kerangka Forum Politik Tingkat Tinggi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan.

Tindakan yang Menginspirasi dan Membimbing

Acara tingkat tinggi ini semakin memajukan pekerjaan UNWTO dalam menjadikan pariwisata sebagai pilar utama pembangunan berkelanjutan, terutama melalui peningkatan kemitraan publik-swasta. 

Di New York, UNWTO bersama mitra akan:

*Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang SDGs dari perspektif pariwisata dan menginspirasi tindakan lebih lanjut antara pemangku kepentingan sektor pemerintah dan swasta.

 *Sajikan Goa Roadmap for Tourism sebagai Kendaraan untuk Mencapai SDG yang dikembangkan di bawah Kepresidenan G20 India.

*Meningkatkan kesadaran tentang perkembangan penting yang memobilisasi kekuatan data dengan menempa konsensus global untuk data yang selaras tentang kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan pariwisata di tingkat internasional, nasional, dan destinasi:  Kerangka Kerja Statistik untuk Mengukur Keberlanjutan Pariwisata (MST) yang akan datang.

*Menguraikan manfaat yang dapat dibawa dan diambil oleh sektor swasta dari pengembangan Kerangka Kerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) yang selaras untuk Bisnis Pariwisata.

*Bagikan poin-poin penting dari “Mencapai SDGs melalui pariwisata: Perangkat Indikator untuk Proyek (TIPS)” yang baru saja diluncurkan yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai sumber daya komprehensif yang dirancang untuk memandu pengguna dalam menyelaraskan proyek pengembangan pariwisata dengan SDGs.

Menghubungkan pemangku kepentingan terkemuka

 Acara sampingan Forum bertujuan untuk menginspirasi tindakan bersama antara sektor publik, swasta dan akademik untuk sektor pariwisata untuk mencapai keberlanjutan nyata dengan berfokus pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dalam pariwisata serta tata kelola.  

Diskusi mengandalkan wawasan para pemimpin sektor publik, swasta, dan akademik dari setiap wilayah global, serta tokoh-tokoh kunci dari dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa itu sendiri.

Csaba Kőrösi, Presiden Majelis Umum PBB  bergabung dengan Lachezara Stoeve, Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) dalam pembukaan acara secara resmi.

 Dimoderatori oleh Direktur Eksekutif UNWTO Zoritsa Urosevic, diskusi meja bundar tingkat tinggi akan mengandalkan partisipasi penyelenggara bersama acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Olahraga Kroasia Nikolina Brnjac, dan Menteri Pariwisata India, Jamaika, Spanyol dan Dr. Ivan Šimonović, Perwakilan Tetap Republik Kroasia untuk PBB.

 Mewakili sektor swasta adalah Matt Callaghan, Direktur Pelanggan & Operasi pada liburan easyJet, sementara Edward Brooks, Direktur Eksekutif dan salah satu Pendiri Oxford SDG Impact Lab, akan memberikan perspektif akademis.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »