Wakil Wali Kota Cirebon Yakin Tol Cisumdawi Picu Pertumbuhan UMKM dan Wisata di Ciayumajakuning



Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON – Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, menyebut Tol Cisumdawu yang diresmikan beberapa waktu lalu bakal memberikan dampak positif.

Bahkan, pihaknya mengakui Tol Cisumdawu juga akan memicu pertumbuhan sektor UMKM di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Pasalnya, Tol Cisumdawu diyakini mendorong mobilisasi masyarakat dari kawasan Priangan ke wilayah Ciayumajakuning maupun sebaliknya.

“Tentunya, meningkatnya mobilitas masyarakat akan meningkatkan sektor perekonomian juga,” kata Eti Herawati saat ditemui di Ciayumajakuning Enterpreuner Festival (CEF) 2023 di Grage Mall, Jalan Tentara Pelajar, Kota Cirebon, Sabtu (22/7/2023).

Ia berharap, tol tersebut juga turut meningkatkan potensi pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif di Ciayumajakuning dan sekitarnya.

Baca juga: Pentingnya Tol Cisumdawu untuk Tarik Investasi ke Kawasan Jabar Utara, Bisa Berikan Nilai Tambah 

Agar potensi wisata dan produk lokal dari wilayah Ciayumajakuning berkembang pesat, karena sarana prasarana dan infrastrukturnya telah tersedia.

“UMKM ini mempunyai peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga harus difasilitasi pengembangannya,” ujar Eti Herawati.

Sementara Anggota DPR RI, Satori, yang turut menghadiri CEF 2023, mengakui, diperlukan upaya untuk mendukung transformasi UMKM yang hijau dan inklusif.

Pihaknya juga mengapresiasi sinergi seluruh elemen pada gelaran CEF 2023 dalam mendorong pengembangan UMKM dan pariwisata hijau di wilayah Ciayumajakuning.

Ia pun berharap, ke depannya program-program serupa dapat ditingkatkan juga diperkuat, bahkan diperluas sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak.

Baca juga: Ngaku Lebih Dikenal Lewat Medsos, Wagub Beri Tugas Khusus Ini ke Para Konten Kreator Ciayumajakuning

“Karena, UMKM harus didorong tidak hanya tumbuh, tetapi untuk menjawab tantangan perubahan iklim ekonomi ke depannya,” kata Satori. (*)

 





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »