Para Menteri Jokowi Kompak Singgung Bandara Kertajati soal Peresmian Tol Cisumdawu


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan) di ruas KM 169 di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kemarin. Dia pun bersyukur Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer yang dibangun mulai 2011 itu akhirnya rampung. 

“Artinya, sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya masalah pembebasan lahan/pembebasan tanah,” ucap Jokowi dalam acara peresmian itu, Selasa, 11 Juli 2023.

Jokowi memaparkan, Tol Cisumdawu telah menelan anggaran total sebesar Rp 18,3 triliun. Sebanyak Rp 9,07 triliun di antaranya berasal dari anggaran pemerintah. Sedangkan sisanya dibiayai melalui skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Presiden Jokowi juga mengapresiasi peningkatan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati. Kepala negara merasa senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. “Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat,” kata Jokowi





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »