Uzbekistan Promosikan Jalur Sutra Untuk Menarik Ledakan Turis


Wisatawan dari Indonesia saat mengunjungi makam Imam Bukhari yabg sedang di renovasi, bulan lalu di Samarkand, kota wisata utama di Uzbekistan.  ( Foto: HSS) 

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Setelah beberapa dekade terisolasi dari dunia internasional, Uzbekistan, negara mayoritas Muslim dengan lebih dari 36 juta orang, berusaha mengembangkan industri pariwisatanya, berharap memanfaatkan warisannya sebagai simpul di Jalur Sutra.

Seperti kota Samarkand dan Khiva, Bukhara terletak di jantung jaringan rute perdagangan kuno yang menghubungkan Eropa dengan Tiongkok selama rentang waktu 1.500 tahun hingga pertengahan abad ke-15.

Dilansir dari travelandtourworld.com, Uzbekistan telah membuat “kemajuan yang patut dipuji” dalam melestarikan warisan Jalur Sutranya, kata Sara Noshadi, perwakilan UNESCO untuk Uzbekistan.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah mengambil langkah-langkah untuk membuka negara bekas Soviet itu sejak menjabat pada 2016, menyusul kematian pemimpin kuat Islam Karimov. 

Di antara langkah-langkah lainnya, administrasi Mirziyoyev menghapus persyaratan visa bagi warga negara dari lebih dari 90 negara dan membatalkan peraturan yang mewajibkan pengunjung asing untuk melaporkan keberadaan mereka kepada pihak berwenang.

Pemerintah negara terpadat di Asia Tengah telah mengalokasikan sekitar US$17,8 juta untuk pengembangan pariwisata dari tahun 2024 hingga 2025.

Pada bulan Mei, Uzbekistan menandatangani kesepakatan dengan Bandara Changi Singapura untuk bersama-sama mengembangkan Bandara Internasional Tashkent yang ada di ibu kota, pintu gerbang utama kedatangan ke negara tersebut.

Sophie Ibbotson, duta pariwisata Uzbekistan untuk Inggris sejak 2019, mengatakan upaya negara itu untuk menarik investasi dan pariwisata telah membuahkan hasil dalam beberapa tahun terakhir.

Jaringan hotel internasional seperti Hyatt, Hilton, Marriott dan Intercontinental sekarang hadir di negara ini, sementara maskapai penerbangan seperti Turkish Airlines dan Flydubai bersaing dengan Uzbekistan Airways yang sebelumnya monopolistik, kata Ibbotson.

Namun, Uzbekistan menghadapi jalan yang sulit untuk mengembangkan pasar pariwisata yang berkembang pesat.  Kedatangan turis tetap sederhana menurut standar internasional.

Negara ini menarik 5,2 juta pengunjung pada tahun 2022 – mayoritas dari mereka berasal dari negara tetangga Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan hanya sekitar sepersepuluh dari jumlah yang ditarik oleh negara-negara seperti Turki dan Italia.

Infrastruktur menjadi tantangan tersendiri.

Michael Shamshidov, salah satu pendiri Forum Pariwisata Samarkand di ibu kota Tashkent, mengatakan kurangnya akomodasi merupakan salah satu “kemacetan” yang dihadapi sektor ini.

 Menurut angka pariwisata Uzbekistan, republik ini memiliki 1.193 akomodasi termasuk 51 hotel berbintang dengan 72.336 tempat tidur per Mei 2023. Shamshidov mengatakan Uzbekistan masih kekurangan “satu strategi besar” untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan.

 Ibbotson, duta pariwisata, mengatakan pemerintah kurang memiliki rasa koordinasi dan perencanaan jangka panjang.  Masih ada kekurangan besar dalam kapasitas pemerintah dan sektor swasta, kata Ibbotson.

Meski begitu, pengunjung terus meningkat karena pandemi COVID-19 surut dari kesadaran publik yang merupakan kabar baik bagi banyak penduduk setempat yang bekerja di bisnis yang bergantung pada pariwisata.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »