Menpora Dito Siap Penuhi Panggilan Kejagung Soal Kasus BTS



Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan siap untuk hadir memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi BAKTI Kominfo yang melibatkan Menkominfo nonaktif Johnny G. Plate.

“Sebagai warga negara yang taat hukum saya akan hadir sesegera mungkin,” kata Dito kepada CNNIndonesia.com, Minggu (2/7).

Meski begitu, Dito tak menjawab secara gamblang apakah akan hadir pada pemeriksaan Senin (3/7) esok atau tidak. Ia hanya mengatakan sedang berkoordinasi terkait waktu pemanggilan tersebut.

“Informasi sudah sampai ke saya dan sedang dikoordinasikan waktu pastinya,” kata dia.

Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febrie Ardiansyah sebelumnya telah membenarkan Dito akan diperiksa penyidik Kejagung terkait kasus ini pada Senin (3/7) besok.

“Benar, mau diperiksa,” ujar Febrie saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu.

Kasus korupsi ini telah menetapkan Menkominfo nonaktif Johnny Plate sebagai terdakwa dan sedang diproses hukum.

Johnny didakwa terlibat kasus dugaan korupsi penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Johnny didakwa merugikan keuangan negara sebesar Rp8 triliun. Jumlah kerugian negara ini berdasarkan Laporan Hasil Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara Nomor: PE-03.03/SR/SP-319/D5/02/2023 tanggal 6 April 2023 yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Johnny selaku Pengguna Anggaran (PA) disebut telah memperkaya diri sebanyak Rp17.848.308.000 dalam kasus ini.

(rzr/wis)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »