Kecepatan Uji Coba Kereta Cepat Ditingkatkan, Wamen BUMN Wanti-wanti Soal Pagar Pengaman dan ..


TEMPO.CO, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC telah melakukan Testing and Commissioning Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan meningkatkan kecepatan perjalanannya.

Pengujian itu dilakukan pada rangkaian kereta inspeksi atau Comprehensive Inspection Train (CIT) yang kecepatannya ditingkatkan dari rata-rata 60 kilometer per jam menjadi 180 kilometer per jam.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pengujian itu berjalan dengan lancar. “Semua sistem berfungsi dengan baik seperti keretanya, relnya, persinyalan, kelistrikan, dan lainnya,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Senin, 22 Mei 2023.

Secara bertahap, dia melanjutkan, kecepatan perjalanan pengujian akan ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 kilometer per jam. Untuk mencapai itu peningkatan di beberapa aspek seperti pagar pengaman dan sound barrier perlu dilakukan penyempurnaan.

“Agar tidak menggangu kenyamanan masyarakat saat KCJB melintas,” ucap Kartika.

Dia pun berharap kehadiran sepur kilat itu akan menghadirkan pusat perekonomian baru yang akan mendukung koridor antara Jakarta dan Bandung. “KCJB juga akan didukung oleh integrasi dengan LRT Jabodebek sehingga memiliki aksesibilitas yang baik,” tutur dia.

Satu rangkaian CIT KCJB terdiri dari 8 kereta, di mana masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri. Kereta satu untuk kebutuhan pengujian lintasan; kereta dua untuk memeriksa sistem persinyalan dan komunikasi; dan kereta tiga untuk fungsi OCS.

Selanjutnya: Sementara itu, kereta empat dan tujuh untuk …





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »