Keindahan Monumen Bersejarah Charminar – Bisniswisata


                Foto: Unsplash.com/ Shiv Prasad

HYDERABAD, bisniswisata.co.id: Charminar, monumen bersejarah yang terletak di jantung Hyderabad, negara bagian Telangana barat-tengah, India selatan-tengah. Kota, yang merupakan ibu kota negara bagian Telangana dan Andhra Pradesh, juga merupakan ibu kota negara kepangeranan bersejarah Hyderabad.

Dilansir dari britannica.com, monumen ini dibangun pada tahun 1591 oleh Muḥammad Qulī Quṭb Shah, raja kelima dari dinasti Quṭb Shāhī, dilaporkan sebagai bangunan pertama di Hyderabad, ibu kota barunya. 

Selama bertahun-tahun, itu telah menjadi monumen khas dan simbol ikon warisan kota. Menurut salah satu legenda, wilayah Hyderabad terguncang olehwabah yang menghancurkan pada saat Muḥammad Qulī Quṭb Shah memindahkan ibukotanya dari dekat Golconda ke kota baru.

Dia memperingati berakhirnya wabah dengan membangun sebuah masjid, yang kemudian dikenal sebagai Charminar karena empat menaranya yang menjulang tinggi dan khas, satu di masing-masing dari empat sudut bangunan. Itu membentuk pusat di mana Hyderabad direncanakan.

Sekarang dianggap sebagai salah satu pencapaian arsitektur tertinggi dari periode Quṭb Shāhī, Charminar adalah komposisi arsitektur agung dalam gaya Indo-Saracenic. Itu dibangun dari mortar granit dan kapur dengan ornamen plesteran. Struktur persegi berukuran 66 kaki (20 meter) ke samping. 

Setiap sisi menghadap salah satu arah kardinal dan memiliki lengkungan runcing yang lebarnya 36 kaki (11 meter) di pangkalan dan mencapai ketinggian 66 kaki di puncaknya. Sebuah kolom multisisi naik di setiap sudut struktur dan, di atas dasar daun teratai, berlanjut ke atas sampai memuncak dalam menara dengan atap berbentuk kubah 160 kaki (49 meter) di atas tanah.

Setiap menara diakses melalui tangga spiral di dinding interiornya dan terdiri dari empat tingkat, yang masing-masing memiliki jalan setapak tertutup bertiang halus di sekitar dinding eksterior. Di atas lengkungan struktur utama ada dua cerita. 

Hal yang pertama pernah digunakan sebagai madrasah (perguruan tinggi Islam) di era Quṭb Shāhī, dan yang kedua menampung sebuah masjid kecil. Selain masjid, Charminar memiliki 45 area sholat lainnya. 

Atap dan menara Charminar memberikan pemandangan Hyderabad yang indah, terutama Benteng Golconda yang bersejarah di barat dan Lad Bazaar yang ramai—berdekatan dengan Charminar—yang terkenal dengan gelang pernis tradisionalnya yang bertabur kaca dan batu berwarna.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »