Sandiaga: Usaha Kecil dan Menengah Sangat Memerlukan Keamanan Data


TEMPO.CO, JakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan peran penting infrastruktur digital dalam mendukung pengembangan industri kreatif nasional. Hal itu dia sampaikan dalam Kick-off Forum Talenta 2023 yang digelar atas kolaborasi Amazon Web Services, USAID dan Elitery di Jakarta, Rabu 17 Mei 2023.

Sandiaga menyebut infrastruktur digital dengan cloudbase sangat diperlukan saat ini karena menjamin keamanan data dalam pengembangan usaha ekonomi kreatif seperti startup dan usaha kecil dan menengah (UKM).

“UKM sangat memerlukan keamanan data sehingga kegiatan forum seperti ini sangat diperlukan, terutama dalam pengembangan SDM dan UKM di Indonesia, seperti yang dilakukan Elitery dalam melaksanakan program Talenta,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Kamis 18 Mei 2023.

Program Talenta yang tengah berjalan selama tiga tahun ini mempunyai dua fokus inisiatif, pertama, di sektor pendidikan, pengembangan SDM dan implementasi teknologi komputer berbasis Cloud di universitas; dan kedua, sektor usaha, yaitu Cloud Landing Zone untuk startup dan UKM.

Talenta Forum menjadi forum diskusi dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta, industri dan pendidikan demi membangun talenta digital di Indonesia yang berdampak pada dunia pendidikan dan industri kreatif digital.

Mission Director of USAID Indonesia Jeffrey P. Cohen mengatakan saat ini telah terjadi jarak antara kebutuhan para pekerja yang berkeahlian di bidang digital dengan ketersediaan pekerja yang ada.

“Program Talenta ini akan mengisi jarak tersebut,” katanya.

Selanjutnya: program Telenta akan berjalan tiga tahun

Iklan





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »