Menteri Agraria Luncurkan Solo Jadi Kota Lengkap Kelima di Indonesia, Ganjar: Capai PTSL Butuh Kerja Keras


TEMPO.CO, Solo – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Hadi Tjahjanto meluncurkan Solo sebagai Kota Lengkap dalam gelaran acara sekaligus Penyerahan Sertifikat Barang Milik Negara dan Barang Milik Daerah di Pendapi Gede kompleks Balaikota Solo, Rabu 10 Mei 2023.

Kota yang saat ini dipimpin oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka itu merupakan kota kelima yang menyandang gelar Kota Lengkap setelah Denpasar, Madiun, Bontang, dan Tegal. 

Dalam sambutannya, Hadi mengemukakan Solo bisa dikatakan sebagai Kota Lengkap apabila memenuhi sejumlah kriteria. Pertama, seluruh kelurahan di wilayah kota itu sudah terdaftar dan sudah dipetakan.

“Kota lengkap berarti semua wilayah Kota Solo ini sudah terpetakan dan terdaftar, baik secara spasial tidak ada gap dan tidak ada overlap,” ujar Hadi. 

Ia menjelaskan, terdaftar dan dipetakan mencakup secara spasial dan secara yuridis. “Di dalam buku tanah dan surat ukur bila diunggah ke sistem/digitalisasi, secara fisik maupun secara yuridis sudah akurat,” tuturnya.

Hadi menyebut Kota Lengkap berhasil terwujud berkat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan Kantor Pertanahan Nasional Badan Pertanahan Nasional dibantu oleh seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sehingga tugas percepatan akselerasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau Program Sertifikasi Tanah Gratis sudah bisa dirasakan dengan adanya Kota Lengkap.

“Keuntungan dari Kota Lengkap, pertama, masyarakat sudah memiliki hak atas tanah dan masyarakat sudah memiliki hak ekonomi,” ucap Hadi.

Selanjutnya: Keuntungan lain, Hadi mengatakan bahwa mafia tanah….





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »