Kuartal Pertama 2023, Jumlah Traveler Dua Kali Lipat


MADRID, bisniswisara.co.id: Pariwisata internasional sedang dalam perjalanan untuk kembali ke tingkat pra-pandemi, dengan jumlah orang yang bepergian dua kali lebih banyak selama kuartal pertama ( Q1) tahun 2023 dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Barometer Pariwisata Dunia UNWTO kedua tahun ini menunjukkan bahwa pemulihan cepat sektor ini berlanjut sehingga tahun 2023. Ini menunjukkan bahwa:

*Secara keseluruhan, kedatangan internasional mencapai 80% dari tingkat sebelum pandemi pada kuartal pertama tahun 2023. Diperkirakan 235 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional dalam tiga bulan pertama, lebih dari dua kali lipat periode yang sama tahun 2022.

*Pariwisata terus menunjukkan ketahanannya. Data yang direvisi untuk tahun 2022 menunjukkan lebih dari 960 juta wisatawan bepergian ke luar negeri tahun lalu, yang berarti dua pertiga (66%) dari jumlah pra-pandemi telah pulih.

Pemulihan berdasarkan Wilayah pada Q1 2023:

*Timur Tengah menunjukkan kinerja terkuat sebagai satu-satunya wilayah yang melampaui kedatangan 2019 (+15%) dan yang pertama memulihkan jumlah pra-pandemi dalam satu kuartal penuh.

*Eropa mencapai 90% dari tingkat pra-pandemi, didorong oleh permintaan intra-regional yang kuat.

*Afrika mencapai 88% dan Amerika sekitar 85% dari level 2019

*Asia dan Pasifik mempercepat pemulihannya dengan 54% dari tingkat pra-pandemi, tetapi tren kenaikan ini akan dipercepat sekarang karena sebagian besar destinasi, terutama China, telah dibuka kembali.

Di banyak tempat, kami mendekati atau bahkan di atas tingkat kedatangan pra-pandemi. Data UNWTO juga menganalisis pemulihan berdasarkan sub-wilayah dan tujuan: Eropa Mediterania Selatan dan Afrika Utara juga telah pulih ke tingkat pra-pandemi pada Q1 2023, sementara Eropa Barat, Eropa Utara, Amerika Tengah, dan Karibia hampir mencapai tingkat tersebut  .

 Apa artinya:

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan awal tahun telah menunjukkan kembali kemampuan unik pariwisata untuk bangkit kembali. Di banyak tempat, kita mendekati atau bahkan di atas tingkat kedatangan pra-pandemi. 

“Namun, kita harus tetap waspada terhadap tantangan  mulai dari ketidakamanan geopolitik, kekurangan staf, dan potensi dampak krisis biaya hidup pada pariwisata, dan kita harus memastikan pengembalian pariwisata memenuhi tanggung jawabnya sebagai solusi darurat iklim dan sebagai penggerak pembangunan inklusif.” kata Zurab Pololikashvili.

Penerimaan pariwisata internasional tumbuh kembali hingga mencapai angka US$ 1 triliun pada tahun 2022, tumbuh 50% secara riil dibandingkan tahun 2021, didorong oleh peningkatan penting dalam perjalanan internasional.  

Pengeluaran pengunjung internasional mencapai 64% dari tingkat pra-pandemi (-36% dibandingkan tahun 2019, diukur secara riil).  Berdasarkan wilayah, Eropa menikmati hasil terbaik pada tahun 2022 dengan penerimaan pariwisata hampir US$ 550 miliar (EUR 520 miliar), atau 87% dari tingkat pra-pandemi.  

Afrika memulihkan 75% dari penerimaan sebelum pandemi, Timur Tengah 70%, dan Amerika 68%.  Karena penutupan perbatasan yang berkepanjangan, tujuan Asia memperoleh sekitar 28%.

Penerimaan pariwisata internasional:

Hasil Q1 2023 sejalan dengan skenario ke depan UNWTO untuk tahun ini yang memproyeksikan kedatangan internasional pulih 80% hingga 95% dari tingkat pra-pandemi.  

Panel Pakar UNWTO mengungkapkan keyakinan mereka pada musim puncak yang kuat (Mei-Agustus) di Belahan Bumi Utara, tercermin dalam Indeks Keyakinan UNWTO terbaru yang menunjukkan kinerja untuk periode tersebut berada di jalur yang lebih baik daripada tahun 2022.

Namun, pemulihan pariwisata juga menghadapi beberapa tantangan. Menurut Panel Pakar UNWTO, situasi ekonomi tetap menjadi faktor utama yang membebani pemulihan efektif pariwisata internasional pada tahun 2023, dengan inflasi yang tinggi dan kenaikan harga minyak yang mengakibatkan biaya transportasi dan akomodasi yang lebih tinggi.  

Akibatnya, wisatawan diharapkan semakin mencari nilai uang dan melakukan perjalanan lebih dekat ke rumah.  Ketidakpastian yang berasal dari agresi Rusia terhadap Ukraina dan ketegangan geopolitik lainnya, juga terus menunjukkan risiko penurunan.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »