Senam Terapi Ling Tien Kung, Olah Tubuh Berbuah Bonus Sehat dan Langsing


JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sasana senam terapi Ling Tien Kung ( LTK) di perumahan Graha Indah, Jati Asih, Bekasi diramaikan oleh para anggotanya berkumpul Minggu pagi. Jam belum menunjukkan pukul 8.00 WIB dan sedikitnya 73 anggota telah bersiap di lapangan futsal bersama untuk berlatih di dampingi para instruktur yang datang dari berbagai wilayah pula, bahkan ada yang dari Ciledug, Tangerang Selatan.

Mereka yang berlatih mengenakan kaos lengan panjang putih dan celana biru memang di dominasi anggota wanita, ketimbang pria. Sementara para instruktur berkaos orange. Bergabung bersama para anggota yang ada serasa sedang berada di taman-taman di China maupun di Hongkong dimana warganya kerap berlatih dengan gerakan-gerakan senam untuk lansia yang gemulai dan diiringi musik oriental yang lembut.

“Hal yang pasti setelah ikut latihan terapi kesehatan senam Senam Ling Tien Kung.      ini maka warga kami jarang ke dokter padahal usia rata-rata di atas 50 an tahun. Obat yang diminum berkurang, badan lebih fresh dan energik. Kalo tubuh jadi langsing itulah bonusnya,” kata Sri Sayekti, Ketua Sasana Ling Tien Kung Graha Indah, Jatiasih, Bekasi.

Wanita baya ini sibuk menyapa anggotanya dengan ramah, mengecek kondisi tubuh mereka dan terus ajak warga setempat untuk sehat dan bugar. Dia juga menyediakan kursi lipat bagi yang baru bergabung dan belum terbiasa dengan jumlah hitungan gerakan yang bisa mencapai 300 x

Senam Ling Tien Kung merupakan salah satu gerakan terapi olah tubuh, dilakukan dengan tempo pelan tetapi mampu membangkitkan energi untuk mengaktifkan kembali organ-organ tubuh dan penyempurnaan untuk menjadikan tubuh lebih segar, sehat dan kuat.

Prinsipnya terapi Ling Tien Kung dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan gerakan dasar untuk penyembuhan, peremajaan tubuh dan penyempurnaan. Dengan melakukan  tahapan ini badan menjadi lebih sehat dan bugar. 

Masing-masing gerakan mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Gerakan senam ini dilakukan secara bertahap, dimulai dengan gerakan dasar untuk penyembuhan, peremajaan tubuh, dan penyempurnaan. Dengan melakukan tiga tahapan ini badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Masing-masing gerakan mempunyai manfaat yang berbeda-beda, seperti terapi empet-empet anus dan jinjit-jinjit yang dapat menurunkan hipertensi pada lansia. Tentu saja harus dibarengi juga dengan menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin agar kondisi badan menjadi sehat dan bugar, kata Sri Sayekti,

Senam terapi ini banyak diikuti oleh orang yang sudah lanjut usia (lansia). Namun, olahraga ini juga baik diterapkan untuk anak-anak muda. Senam ini sangat bermanfaat sebagai terapi kesehatan dan juga terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti hipertensi, vertigo, migrein, kolestrol, saraf kejepit, asam urat, diabetes, dan lain-lain.

Olahraga senam terapi “Ling Tien Kung” yang berasal dari Surabaya ini diciptakan oleh Fu Long Swie, mantan atlet nasional pada era 1960-an. Semula olahraga yang memiliki motto “Making People Healthy” ini dipraktikkan di pinggir jalan Perumahan Central Park, Mulyosari, Kota Surabaya.

“Tekun berlatih karena manfaatnya baru dua kali latihan pun sudah terasa sehingga melewati masa tua yang sehat, bergembira selalu bersama komunitasnya dan tentunya juga jaga pola makan yang baik kalau mau bonus langsing,” kata Sri Sayekti menutup latihan. 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »