38 Ribu Jemaah Haji Asal Jawa Barat Akan Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini



Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nappisah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Kementerian Agama (Kemenag) Jabar mencatat kuota jemaah haji untuk Provinsi Jawa Barat pada 2023 sebanyak 38 ribu.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, mengatakan, kuota haji di tahun 2023 kembali normal berkat upaya pemerintah.

Beda dengan 2022, jemaah haji yang akan berangkat tidak terbatas usia.

“Pemberangkatan haji di Jawa Barat insyaallah bisa berjalan baik dan lancar. Mudah-mudahan bisa sesuai dengan harapan kita semua. Syukur alhamdulillah, jemaah haji yang masuk kuota tahun 2023 tidak ada batasan usia akan diberangkatkan,” ujar Ajam di Kantor Kemenag Jabar, Senin (13/2/2023). 

Ia menuturkan, Kemenag Jabar siap memberikan pelayanan yang maksimal dan berharap meningkat dibanding tahun lalu. 

Operasional haji di Jawa Barat terdapat dua tempat pemberangkatan, yakni asrama haji embarkasi Bekasi dan Indramayu.

Untuk jemaah dari asrama haji embarkasi Indramayu, nantinya berangkat melalui BIJB Kertajati.

“Jemaah haji Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan) ditambah Sumedang dan Subang jumlah jemaahnya 8.700-an dibagi 20 kloter lebih. Ini sudah terskemakan dan insyaallah bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Terkait pembagian kuota, akan ditentukan sesuai kuota di 27 kabupaten atau kota.

Hal tersebut dilakukan agar waiting list atau daftar tunggu jemaah haji di Jawa Barat lebih merata.

“Pembagian kuota kembali ke tahun 2020 berdasarkan proporsi kabupaten atau kota. Kalaupun ada perbedaan, tidak mencolok, paling selisih satu atau dua tahun,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan kenaikan biaya perjalanan haji (bipih) 1444 H/2023 M menjadi Rp 69.193.733,60 per jemaah, naik hampir dua kali lipat dibanding tahun 2022.

Biaya tersebut, 70 persen dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2023 yang diusulkan sebesar Rp 98.893.909,11.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »