Olahraga Gateball di Jabar Makin Berkembang, Adu Strategi Sambil Silaturahmi



TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG– Olahraga gateball di Kota Bandung sedang digandrungi masyarakat. Gateball merupakan modifikasi permainan croquet.

Gateball disebut olahraga tanpa batas (barrier free sporrt) karena dapat dimainkan semua orang. Sederhananya, gateball dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim memiliki lima anggota.

Satu tim memegang bola bernomor 1,3,5,7,9, lalu tim lainnya memainkan bola bernomor 2,4,6,8,10. Setiap pemain pasti memegang tongkat atau stik sendiri dan memainkan satu bola saja.

Baca juga: VIDEO – ARGENTINA Juara Piala Dunia Qatar 2022 Lewat Drama Penalti, Akhir Indah Karir Lionel Messi

Atlet gateball di Kota Bandung dinaungi oleh organisasi Persatuan Gateball Seluruh Indonesia atau Pergatsi.

Dandan Riza Wardana, Wakil Ketua Pergatsi jabar  mengatakan, Gateball di Kota Bandung terus berkembang karena karakteristik permainannya tak melulu mengandalkan fisik, namun juga strategi dan ramah ragam usia.

Indikator geliat itu bisa dilihat dari beragam kompetisi yang diikuti banyak peserta. Seperti kejuargaan gateball antar alumni SMAN se-Kota Bandung yang digelar di Bilasoga

Kejuaraan ini digelar setiap akhir minggu di  bulan Juli hingga Desember 2022 melibatkan 527 atlet dengan penyelenggara bergantian dari alumnus SMAN 1 hingga SMAN 7.

Tim Owls Alumni SMAN 5  menjadi pemenang dari total peserta sebanyak 17 tim. Mereka merengkuh juara setelah membukukan point 78 dari 32 pertandingan.

“Kejuaraan antar alumni ini biasanya sekaligus ajang silaturahmi teman lama. Banyak juga perkumpulan pengusaha atau anak muda yang juga menjadikan gateball jadi opsi untuk berolahraga sambil kumpul-kumpul, karena karakteristik olahraganya santai, dan cocok untuk menjadi ajang kegiatan komunitas ” kata Dandan Riza Wardana.

Dandan mengatakan kejuaraan tersebut merupakan satu dari sekian banyak event serupa yang dihelat di berbagai kota kabupaten di Jawa Barat.

Hal ini menandakan bahwa Gateball sudah mendapat tempat di hati  para pecinta olahraga.

“Meskipun santai, gateball ini memerlukan kemampuan akurasi dan perencanaan serta penerapan strategi yang sangat tinggi. Sehingga istilahnya ‘highly dinamics strategic game’. Semua bisa memainkannya, dari anak kecil hingga orang tua, mau itu perempuan atau laki-laki,” Dandan Riza Wardana melanjutkan.

Dandan yang juga Ketua Club Gateball 5 ini optimistis popularitas gateball bisa meningkat seiring waktu, seperti olahraga lainnya seperti Futsal.

“Sekarang sudah banyak komunitas yang memainkan Gateball, lalu instansi pemerintah, masyarakat, komunitas juga sudah banyak yang jadi pegiat. Perkembangannya makin baik,” imbuh Dandan.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »