BANJIR 6 Meter Landa Cikaso Sukabumi Sejak Semalam, Warga Sebut Sudah Langganan



TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Banjir merendam belasan rumah di Cikaso, tepatnya di Kampung Cinitih RT 08 RW 01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sekitar pukul 19.00 WIB, Jumat (23/9/2022) malam.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibitung, Lucki mengatakan, banjir terjadi akibat sungai Cikaso meluap setelah diguyur hujan berjam-jam.

Ia menyebut, ketinggian banjir mencapai sekitar 5 sampai 6 meter.

“Kalau di sini banjir bukan banjir bandang ya, kalau di sini banjir itu kalau hujan gak berhenti-berhenti pasti air sungai meluap. Kalau terendam memang terendam rumah, cuma bukan banjir bandang, sudah pada tahu kalau Cikaso sudah langganan, kalau hujan berjam-jam pasti banjir,” ujarnya via telepon.

Menurutnya, terdapat sekitar 10 sampai 15 rumah terendam banjir.

Namun, data itu belum dapat dipastikan, karena saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi barang-barang dan warga yang rumahnya terendam banjir.

“Kami belum bisa memastikan data sementara, soalnya dari tadi kami evakuasi sampai sekarang, paling 5 sampai 6 meter ketinggian banjirnya, tapi sekarang mulai surut sedikit,” kata Lucki.

“Info sementara seperti itu, kenapa belum pasti, karena kita gak bisa asal-asalan, dari tadi kita evakuasi masyarakat sama barang, paling yang terendam ada 10 sampai 15 rumah ada, tapi gak sampai ke atas atap,” ujarnya. (Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »