Kereta Cepat Pertama di ASEAN Segera Tiba di Jabar, Bermotif Batik Megamendung dan Minim Getaran



Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, 11 set lokomotif Kereta Cepat Jakarta-Bandung tengah dalam perjalanan ke Tanah Air.

Rencananya, kereta tersebut akan digunakan saat uji coba pada masa konferensi tingkat tinggi G20.

“Sebanyak 11 set lokomotif dan gerbongnya sudah selesai di pabriknya di Qingdao Tiongkok. Sedang OTW menuju Jawa Barat. Uji coba 1 set saat summit G20 di November, dan kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023,” katanya di Gedung Sate, Selasa (9/8/2022).

“Pas Summit, Presiden Jokowi minta ada satu set bisa wara-wiri bisa jadi berita diperlihatkan ada kereta sudah bergerak di relnya tapi dites semua baru Juni 2023,” ujarnya.

Baca juga: KAI Umumkan Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Antara Rp 250-350 Ribu

Ia mengatakan, bersyukur bahwa idenya untuk membubuhkan desain batik megamendung pada interior rangkaian kereta cepat tersebut dapat terealisasi.

“Interior dengan tema batik megamendung juga terlihat sudah diaplikasikan. Semoga lancar dan menjadi kebanggaan kita semua memiliki kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN. Kecepatan maksimal 350 km/jam,” kata Ridwan Kamil.

Minim Kebisingan dan Getaran

Electric Multiple Unit (EMU) atau rangkaian kereta untuk kereta cepat Jakarta-Bandung sudah rampung diproduksi dan menjalani tes uji di pabrik di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok.

Pada pertengahan Agustus, EMU atau rangkaian kereta cepat bernama KCIC400AF itu mulai dikirim ke Indonesia.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »