Potensi bisnis masa depan, Eksportir milenial Jabar Raup Cuan Ratusan Ribu USD



Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Pemprov Jabar melalui Disperindag kumpulkan para eksportir milenial di Jabar.

Mereka difasilitasi dan dibina sehingga jumlah eksportir milenial yang masuk dalam kategori industri kecil menengah (IKM) semakin banyak.

Asisten Daerah Bidang Administrasi Setda Pemprov Jabar Ferry Sofwan Arif mengatakan Pemprov Jabar saat ini tengah fokus pada pertumbuhan eksportir muda dan milenial. Menurutnya ada ceruk ekspor nonmigas yang bisa diisi oleh anak-anak muda.

Hal ini mengingat Jabar sangat kaya dengan sumber daya alam seperti pertanian dan perkebunan, sampai ekonomi kreatif. Produk-produk berbahan alam, olahan, dan produk kreatif ini pun memiliki harga yang tinggi di luar negeri dan peminat yang besar.

“Kita berkaca pada data bahwa ekspor Jawa Barat itu paling tinggi di Indonesia, karena produk kita lebih beragam,” katanya di acara Kick Off Eksportir Milenial di Gedung Sate, Bandung, Jumat (1/7).

Potensi eksportir milenial, katanya, bisa dilihat dari data kependudukan BPS tahun 2020 yang menyebut jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 48,2 juta jiwa. Dari angka ini sebanyak 25 persen adalah anak muda atau generasi Y dan 21 persen adalah generasi Z.

Baca juga: bank bjb Dukung Pemulihan Ekonomi Jabar Lewat WJ-TRIP 2021

“Kelompok anak muda ini lebih dari 50 persen mereka bisa menjadi konsumen sekaligus produsen,” tuturnya.

Menurutnya peluang ekspor komoditas maupun produk olahan dari kaum milenial sangat terbuka dan ceruk pasarnya luas. Variasi produk yang diekspor oleh para milenial Jawa Barat menurutnya beragam mulai dari kantong urin, arang kelapa, kelapa parut, kerajinan, pakaian, hingga tanaman hias.

”Ini bisa kita garap bersama-sama, milenial ini mereka melek informasi dan digitalisasi, kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh generasi Z dan Y,” katanya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »