Per 1 Juni Pembatasan Jam Operasional Hiburan Malam di Thailand


Pengusaha kawasan hiburan malam di Bangkok kecewa dengan pembatasan operasional.

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Operator gerai kehidupan malam di Bangkok telah menyuarakan kekecewaan dan frustrasi dengan pembatasan jam operasional mereka karena banyak tempat yang akan dibuka kembali minggu ini.

Dilansir dari Itc.travel, mulai Rabu, banyak pub, bar, tempat karaoke, panti pijat, dan tempat hiburan malam serupa akan diizinkan untuk dibuka kembali di 31 provinsi setelah penutupan yang diperpanjang untuk membantu mengekang penyebaran Covid-19.

Bangkok, Chon Buri, Phuket, dan Chiang Mai termasuk di antara 31 provinsi yang diklasifikasikan sebagai zona hijau dan biru di mana tempat hiburan malam tidak lagi harus mengkategorikan diri sebagai restoran untuk menyajikan alkohol, meskipun waktu tutup tengah malam akan tetap berlaku.

Namun, tempat-tempat di 46 provinsi yang tersisa yang diklasifikasikan sebagai zona kuning dengan pengawasan tinggi, harus terus mengklasifikasi ulang bisnisnya untuk saat ini.

Menurut Pusat Administrasi Situasi COVID -19 (CCSA), ketika diizinkan untuk dibuka kembali, bisnis kehidupan malam akan diminta untuk mengikuti langkah-langkah Pengaturan Bebas COVID  yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat.

Thanupong Paensodsaicharoenkij, pemilik salah satu outlet kehidupan malam di Khao San Road, menyambut baik pelonggaran pembatasan COVID-19 terbaru tetapi mengatakan itu dianggap sebagai setengah langkah untuk meningkatkan industri yang babak belur yang membutuhkan dorongan.

Banyak turis yang mengalihkan tujuan mereka dari Thailand ke negara tetangga karena pembatasan COVID dan persyaratan masuk seperti asuransi bernilai tinggi, katanya.

“Sudah lebih dari dua tahun sejak wabah dan kami di sini di Khao San memiliki hutang. Namun ketika wabah mereda, pemerintah menjadi gugup,” katanya.

Operator lain di daerah Sukhumvit, yang berbicara dengan syarat anonim, mengkritik tindakan pengendalian penyakit sebagai tidak praktis untuk bisnis hiburan malam.

Tidak ada panti pijat sabun yang dapat membuka pintu mereka untuk pelanggan jika aturan penahanan COVID -19 ditegakkan secara ketat, katanya.

“Pelanggan tidak mengunjungi tempat-tempat ini hanya untuk mandi dan pijat. Bagaimana mereka harus menjaga jarak aman dari mereka yang memberi mereka layanan? Para pelanggan tidak senang melihat pemijat mereka dengan masker,” katanya.

Dia juga mengatakan beberapa gerai kehidupan malam di daerah Thong Lor dan Ekkamai sudah buka lebih dari tengah malam dan menggunakan alat tes antigen untuk menyaring pelanggan mereka dari COVID-19.

“Asalkan tidak mabuk berat, pengunjung takut COVID -19. Kami tidak ada klaster hiburan dan itu bukan murni karena tindakan pemerintah,” katanya.

Sanga Ruangwattanakul, Ketua Asosiasi Pengusaha Khao San mengatakan pelonggaran pembatasan 1 Juni hampir tidak akan membuat perbedaan untuk tempat-tempat kehidupan malam yang menyerukan perpanjangan jam buka setelah tengah malam.

Dia mengatakan jika tempat hiburan malam diizinkan buka sampai jam 2 pagi di semua provinsi mulai September, tambahan 300-400 miliar baht dapat mengalir ke perekonomian.

“Saat ini kami sudah buka dan melayani miras sampai tengah malam, jadi langkah terbaru tidak banyak membantu. Kenapa pemerintah tidak lebih dari itu? Larangan penjualan miras dari pukul 14.00 hingga 17.00 juga tidak membantu,” katanya.

Sanga juga meminta pemerintah untuk mencabut keputusan darurat dan undang-undang pengendalian penyakit menular yang secara luas dipandang sebagai penghalang bagi wisatawan internasional.

“Wabah mereda dan kebanyakan orang sudah divaksinasi penuh. Jepang sudah melonggarkan aturan masker di luar ruangan. Tapi pemerintah takut ini dan itu. Kami akan tertinggal,” katanya.

Di Bangkok, semua tempat hiburan malam diharuskan mendaftar dan menilai sendiri melalui Thai Stop COVID 2Plus (TSC 2+) dan meminta izin sebelum dibuka kembali, menurut petugas kota Khachit Chatchawanit.

Kantor distrik kemudian melakukan inspeksi untuk menentukan apakah operator mematuhi sebelum lampu hijau diberikan.

Thai Stop COVID 2Plus berlaku untuk berbagai jenis tempat hiburan malam dan mencakup tiga area: lingkungan bebas COVID termasuk jarak sosial dan sistem ventilasi yang baik; Staf bebas COVID termasuk skrining rutin menggunakan ATK; dan pelanggan bebas COVID yang harus menunjukkan bukti vaksinasi.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »