Hattrick! Saham GOTO Melesat 3 Hari Beruntun, Ini Kata Analis


Hattrick! Saham GOTO Melesat 3 Hari Beruntun, Ini Kata Analis
Konferensi Pers Rencana IPO GoTo. Foto: Dok. GoTo

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali melesat 12,9 persen ke 280 pada penutupan perdagangan sesi I, Kamis (19/5). Saham GOTO berhasil hattrick 3 hari beruntun dengan penguatan.

Bahkan pada penutupan perdagangan Kemarin (18/5), saham GOTO meroket hingga 24 persen. Berdasarkan RTI Business, selama sepekan, saham GOTO sudah melesat 26,13 persen.

Di perdagangan sesi I siang ini pun, saham GOTO kembali masuk dalam jajaran penopang indeks harga saham gabungan (IHSG) atau top gainers. Adapun saat ini saham GOTO diperdagangkan di rentan 232-286. Kapitalisasi pasar perusahaan pun tercatat sebesar Rp 331,62 persen.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muamar mengatakan, penguatan saham GOTO yang terjadi selama 3 hari berturut-turut ini lantaran efek fundamental. Salah satunya, dari iklim ekonomi Indonesia yang kini membaik.

Hattrick! Saham GOTO Melesat 3 Hari Beruntun, Ini Kata Analis (1)
Gojek dan Tokopedia. Foto: Dok. Gojek dan Tokopedia

“Ekonomi Indonesia juga cenderung membaik sehingga berpotensi menaikkan traffic bisnis GOTO,” ungkapnya kepada kumparan, Kamis (19/5).

Hal ini terlihat dari pernyataan perusahaan di mana, transaksi GOTO secara grup selama Ramadhan 2022 ini meningkat. Lonjakan signifikan terjadi pada layanan logistik atau pengiriman barang dari platform e-commerce Tokopedia dengan kenaikan penggunaan GoSend sebagai salah satu pilihan utama pelanggan untuk pengiriman barang.

Konsumen GoTo juga merasakan manfaat dari kemudahan pembayaran digital, GoPay dan fasilitas GoPayLater di Tokopedia, yang ditunjukkan dengan peningkatan signifikan untuk pesanan (order) di Tokopedia yang dibayar menggunakan GoPay sepanjang Ramadhan tahun ini.

Hattrick! Saham GOTO Melesat 3 Hari Beruntun, Ini Kata Analis (2)
Gojek dan Tokopedia. Foto: Dok. Gojek dan Tokopedia

Manfaat yang dirasakan konsumen tersebut terlihat dari peningkatan jumlah transaksi terintegrasi tersebut, di antaranya:

  • Jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday) sepanjang bulan Ramadhan 2022 tumbuh sebesar 85 persen dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021.

  • Jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instant maupun sameday GoSend sepanjang bulan Ramadhan 2022 meningkat sebesar 60 persen dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021.

  • Penggunaan GoPay juga tumbuh secara signifikan sepanjang periode puncak belanja di bulan Ramadan, sebagai hasil dari integrasi yang mendalam antara GoTo Financial dengan Tokopedia.

  • Jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar secara kumulatif tumbuh sebesar lebih dari 35 persen sepanjang bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021.

  • Jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood meningkat sebesar 25 persen pada bulan Ramadhan 2022 dibanding dengan bulan Ramadhan 2021. Sementara itu, mitra GoFood yang menggunakan sarana promosi digital melalui platform Gojek tumbuh sebesar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

  • Donasi sosial yang diberikan melalui GoPay (baik secara offline maupun online) meningkat selama bulan Ramadhan, dengan pertumbuhan sebesar 40 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »